Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126846
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | SUGIYONO, Galih | - |
dc.date.accessioned | 2025-06-30T02:14:42Z | - |
dc.date.available | 2025-06-30T02:14:42Z | - |
dc.date.issued | 2024-05-17 | - |
dc.identifier.nim | 191910701036 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126846 | - |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 30 Juni 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Kapal KM. Dharma Rucitra VIII merupakan kapal konversi yang sebelumnya merupakan kapal kargo lalu diubah menjadi kapal penumpang. Rute pelayaran kapal tersebut antara Surabaya-Lombok. Kenyamanan penumpang merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan sehingga membuat penumpang nyaman selama berada di kapal. Penelitian ini menggunakan analisis Motion Sickness Incidence (MSI) dan Motion Induced Interruptions (MII). Penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu untuk mengetahui hasil analisis Motion Sickness Incidence berdasarkan standar ISO 2631 dan mengetahui hasil analisis Motion Induced Interruptions pada beberapa lokasi di geladak penumpang. Pengumpulan data yang dilakukan melalui pengumpulan data yang didapatkan dari perusahaan terkait serta studi literatur. Kapal KM. Dharma Rucitra VIII memiliki 4 geladak penumpang yang dibedakan menjadi 10 ruangan yang berbeda. Analisis MSI didapatkan hasil pada ruang supir (deck 1B), ruang lesehan I (deck 1A), ruang lesehan II (captain deck), ruang lesehan III (captain deck), dan ruang VIP (captain deck) merupakan ruangan ternyaman. Sedangkan pada Ruang VIP pada deck 1A menjadi ruangan yang paling tidak nyaman. Pada analisis MII Didapatkan hasil bahwa ruang panggung (bridge deck) dan semua ruangan di captain deck (ruang lesehan II, ruang lesehan III, dan ruang VIP) mempunyai kondisi posible yang sama. Sedangkan ruang supir pada deck 1B menjadi lokasi dengan nilai MII tertinggi dibandingkan dengan ruangan lainnya yang mempunyai 38 kondisi posible, 4 kondisi probable, dan 3 kondisi serious. | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Hery Indria Dwi Puspita, S. Si., M. T. DPA: Wazirotus Saknih, S. Pd., M. T. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Teknik | en_US |
dc.subject | Kenyamanan Penumpang | en_US |
dc.subject | Motion Sickness Incidence (MSI) | en_US |
dc.subject | Motion Induced Interruptions (MII) | en_US |
dc.title | Analisis Motion Sickness Incidence dan Motion Induced Interruptions pada Kapal KM Dharma Rucitra VIII | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Teknik Konstruksi Perkapalan | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Hery Indria Dwi Puspita, S. Si., M. T. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Waziratus Sakinah, S. Pd., M. T. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_Juni 2025 | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
191910701036-Galih Sugiyono.pdf Until 2029-07-24 | 1.06 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools