Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126829
Title: | Pengembangan E-LKPD berbasis Diagram Scaffolding dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Scientific explanation Siswa SMP |
Authors: | OCTAVIANI, Ellysa |
Keywords: | E-LKPD DIAGRAM SCAFFOLDING SCIENTIFIC EXPLANATION PEMBELAJARAN IPA |
Issue Date: | 6-Jul-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Ilmu pengetahuan alam (IPA) dan teknologi hal yang penting bagi kemajuan suatu bangsa pada abad 21. Keterampilan dalam suatu pembelajaran dalam abad 21 ini sangat dibutuhkan yaitu keterampilan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan berpikir sangat penting karena ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki perkembangan yang pesat, dapat secara cepat dan mudah dalam mendapatkan informasi sehingga siswa perlu dibekali kemampuan berpikir tinggi. Salah satu keterampilan dalam berpikir tingkat tinggi yaitu penjelasan ilmiah (scientific explanation). Scientific explanation merupakan kemampuan menjelaskan ilmiah yang berdasarkan dengan adanya bukti yang telah ada melalui tanggapan tertulis maupun lisan terhadap suatu pertanyaan dimana mengharuskan siswa untuk dapat menganalisis data dan menafsirkan data yang berkenaan dengan pengetahuan ilmiah. Langkah dalam pembelajaran yang digunakan dalam penjelasan ilmiah ini mencakup tiga komponen yakni, klaim, bukti, dan penalaran yang dapat membantu siswa dalam memecahkan permasalahan IPA. Fakta yang ada yaitu kemampuan scientific explanation siswa di Indonesia untuk saat ini terbilang masih belum sesuai dengan yang diinginkan. Berdasarkan permasalahan tersebut solusi alternatif yang dapat digunakan yaitu melalui pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD). E-LKPD dapat berguna untuk siswa dalam melaksanakan proses penyelidikan serta penyelesaian suatu permasalahan. Salah satu pengembangan dari E-LKPD yaitu E-LKPD yang disertai dengan diagram scaffolding untuk meningkatkan scientific explanation skills siswa dalam pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas dari E-LKPD berbasis diagram scaffolding dalam meningkatkan kemampuan scientific explanation siswa SMP. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa bahan ajar IPA yaitu E-LKPD berbasis diagram scaffolding dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan scientific explanation siswa SMP yang valid, praktis, dan efektif. Proses pengembangan produk menggunakan model pengembangan Plomp and Nieveen yang memiliki 3 tahapan yaitu tahap penelitian awal (preliminary research), tahap pengembangan (prototyping stage), dan tahap evaluasi (assessment stage). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis validitas dengan menggunakan lembar validasi, analisis kepraktisan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta analisis keefektifan menggunakan skor n-gain dari soal pretest dan posttest dan angket respon siswa setelah menggunakan E-LKPD. Uji coba dilaksanakan di kelas VIII B SMP Negeri 3 Singojuruh yang terdiri dari 23 siswa. Penelitian pengembangan E-LKPD berbasis diagram scaffolding mendapatkan hasil validasi E-LKPD sebesar 91,3% dengan kategori sangat valid. Pengamatan observer berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan E-LKPD berbasis diagram scaffolding yaitu sebesar 90,59% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan E-LKPD diperoleh nilai n-gain sebesar 0,68 dengan kategori peningkatan sedang. Angket respon siswa yang diperoleh dari respon 23 siswa kelas VIII B terhadap pembelajaran menggunakan E-LKPD yaitu sebesar 87,95% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat kita disimpulkan bahwa pada produk pengembangan E-LKPD berbasis diagram scaffolding dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan scientific explanation siswa SMP dapat dinyatakan telah valid, praktis, dan efektif dan layak sebagai bahan ajar dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan scientific explanation siswa SMP. |
Description: | Validasi_firli_20_Juni_25; Finalisasi oleh Taufik Tgl 30 Juni 2025 |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126829 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Ellysa Octaviani.pdf Until 2028-08-07 | 3.07 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools