Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126793
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | ROSITA, Ana | - |
dc.date.accessioned | 2025-06-26T06:43:39Z | - |
dc.date.available | 2025-06-26T06:43:39Z | - |
dc.date.issued | 2024-07-24 | - |
dc.identifier.nim | 200210301044 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126793 | - |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 26 Juni 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Model pembelajaran merupakan sebuah perencanaan yang disusun menyesuaikan kurikulum yang berlaku, didalamnya terdapat sintaks yang dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran. PBL menjadi salah satu model yang memusatkan kegiatan pada peserta didik guna mengembangkan keterampilan, serta membantu peserta didik berpikir kritis guna menemukan alternatif pemecahan akan masalah yang dihadapi. Selain itu terdapat model pembelajaran kooperatif yang tidak hanya belajar secara berkelompok, namun jika dilaksanakan dengan benar model ini akan memberikan kemudahan guru untuk mengelola kelas agar lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Think Pair Share di kelas XI SMAN 4 Jember. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 4 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan peneliti dalam penelitian ini diperoleh dengan cara purposive sampling. Instrument tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah dengan mengunakan tes berbentuk Essay. Analisis data dilakukan dengan Uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS 8 dan XI IPS 7 melalui penerapan model pembelajaran yang berbeda yakni model belajar problem based learning (PBL) dan model pembelajaran kooperatif tipe TPS melalui pemanfaatan media wordwall. Dari hasil pengolahan data didapatkan nilai signifikansi Sig (2-tailed) yakni 0,016 < 0,05 Nilai Sig (2-tailed) < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dengan rata-rata hasil posttest kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 85,69 sementara rata-rata hasil posttest kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS sebesar 81,94. | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Dr. Sukidin, M.Pd. DPA: Titin Kartini, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Problem Based Learning | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS | en_US |
dc.title | Perbedaan Hasil Belajar antara Model Problem Based Learning berbantuan Wordwall dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS (studi eksperimen pada mata pelajaran ekonomi materi kebijakan fiskal dan kebijakan moneter kelas XI peserta didik SMAN 4 Jember) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Ekonomi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Sukidin, M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Titin Kartini, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_Maret 2025 | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
doc.pdf Until 2029-12-09 | Ana Rosita_200210301044 | 876.37 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools