Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126763
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPUTRI, Nila Kurnia-
dc.date.accessioned2025-06-25T03:38:46Z-
dc.date.available2025-06-25T03:38:46Z-
dc.date.issued2024-09-25-
dc.identifier.nim200210201021en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126763-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik tgl 25 Juni 2025en_US
dc.description.abstractPenelitian ini menunjukan bahwa implemetasi modus belajar mandiri yang menggunakan tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan. Komponen dasar dari tahap perencanaan adalah perencanaan waktu yang akan diluangkan oleh warga belajar, tahap pelaksanaan komponennya seperti munculnya inisiatif warga belajar dalam melaksanakan belajar mandiri, dan tahap pemantauan komponennya mengenai warga belajar diharapkan bisa menilai pencapaian pembelajaran atau kemampuan dirinya. Adapun enam komponen pendukung dalam belajar mandiri yaitu diantaranya inisiatif individu dalam proses pembelajaran, mengidentifikasi kebutuhan belajar sendiri yang dilakukan oleh warga belajar, menetapkan tujuan belajar sendiri, mengidentifikasi sumber belajar dan memilih strategi pembelajaran yang mereka minati dan terakhir evaluasi hasil belajar yang artinya warga belajar harus mengevaluasi setiap proses belajarnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi modus belajar mandiri yang dilakukan oleh warga belajar dalam program pendidikan kesetaraan paket B di PKBM Al-Muttaqin telah dilaksanakan sesuai dengan rangkaian implementasi modus belajar mandiri melalui tiga tahapan penting yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan enam komponen pendukung yaitu inisiatif individu, mengidentifikasi kebutuhan belajar sendiri, menetapkan tujuan belajar sendiri, identifikasi sumber belajar, pemilihan strategi pembelajaran, evaluasi hasil belajar sendiri. Maka peneliti menemukan bahwa penerapan tiga tahapan penting telah dilakukan, akan tetapi di dalam tiga tahapan tersebut ada satu tahap yang belum dilaksanakan dengan maksimal yaitu tahap pemantauan dikarenakan terdapat kurangnya kesadaran warga belajar dalam mengawasi hasil belajar mereka. Namun peran tutor masih terlibat dalam kegiatan belajar mengajar untuk membantu dan mengupayakan hal-hal yang masih belum maksimal agar warga belajar mulai muncul akan kesadaran mengenai pengawasan hasil belajar mereka sendiri.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectSELF DIRECTED LEARNING MODEen_US
dc.subjectSTUDENTSen_US
dc.subjectEQUIVALENCY EDUCATION PROGRAMen_US
dc.subjectBELAJAR MANDIRIen_US
dc.subjectPENDIDIKAN PAKET Ben_US
dc.titleImplementasi Modus Belajar Mandiri pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di PKBM Al-Muttaqin Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Luar Sekolahen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. A.T. Hendrawijaya, S.H., M.Kes.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. M. Irfan Hilmi, M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
repository nila.pdf
  Until 2029-09-25
skripsi2.2 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools