Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126661
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFARIZA, Adiba-
dc.date.accessioned2025-06-19T06:08:19Z-
dc.date.available2025-06-19T06:08:19Z-
dc.date.issued2024-07-26-
dc.identifier.nim200910302150en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126661-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik tgl 19 Juni 2025en_US
dc.description.abstractKabupaten Lumajang merupakan salah satu dari pengasil produksi pertanian yang besar di Indonesia. Dalam penelitian ini membahas tentang masyarakat petani Kabupaten Lumajang di Kecamatan Candipuro dengan salah satu kecamatan yang memproduksi dan memasarkan beras organik. Masyarakat petani beras organik di Kecamatan Candipuro merupakan petani yang baru memulai untuk memasarkan hasil produksi beras organiknya. Sebagai petani yang masih baru memasarkan hasil produksi beras organik mengalami beberapa kendala dalam prosesnya. Analisis dari permasalahan yang dihadapi petani beras organik, mereka membutuhkan adanya penunjang untuk meningkatkan pemasaran beras organik. Salah satu penunjang utama dalam meningkatkan pemasaran beras organik ialah dengan mengoptimalkan jaringan sosial yang dimiliki petani beras organik. Teori yang digunakan dalam menganalisis fenomena ini ialah menggunakan teori jaringan sosial dari Mark Granovetter. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pada penelitian ini dilakukan dengan observasi langsung ke petani beras organik, wawancara mendalam kepada informan primer dan sekunder, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa jaringan sosial yang dimiliki petani beras organik dapat meningkatkan produksi maupun daya saing pemasaran beras organik di Kecamatan Candipuro. Dengan memanfaatkan jaringan sosial secara efektif, mereka mampu mengoptimalkan pemasaran beras organik serta menarik konsumen sekitar maupun luar kota untuk semakin sadar akan kualitas dan keberlanjutan produk pangan beras organik.en_US
dc.description.sponsorshipDrs. Joko Mulyono, M. Si. Dr. Wheny Khristianto, S.Sos., M.AB.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectJARINGAN SOSIALen_US
dc.subjectPETANIen_US
dc.subjectBERAS ORGANIKen_US
dc.titleJaringan Sosial Petani dalam Meningkatkan Daya Saing Pemasaran Beras Organik di Kecamatan Candipuroen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiSosiologien_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Joko Mulyono, M. Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Wheny Khristianto, S.Sos., M.AB.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Juni 2025en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_ADIBA FARIZA_200910302150_SOSIOLOGI.pdf
  Until 2029-07-31
2.99 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools