Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126631
Title: Analisis Wacana Kritis Pemberitaan Kelangkaan Minyak Goreng di Indonesia pada Media Massa Online Kompas.com
Authors: FAJRIA, Ais Shelma Halida
Keywords: MEDIA MASSA ONLINE
KELANGKAAN MINYAK GORENG
WACANA KRITIS
Issue Date: 16-Mar-2023
Publisher: Fakultas Ilmu Budaya
Abstract: Kelangkaan minyak goreng di Indonesia merupakan fenomena yang ramai dibicarakan baik oleh masyarakat dan juga media massa, salah satunya adalah Kompas.com. Karena sebagai penghasil kelapa sawit terbesar di dunia, Indonesia mengalami fenomena yang seharusnya tidak terjadi. Tujuan penelitian ini untuk menginterpretasikan tiga dimensi analisis wacana kritis Norman Fairclough dan ideologi demokrasi pada teks berita terkait kelangkaan minyak goreng di Indonesia pada media massa online Kompas.com. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kompas.com adalah media massa yang netral karena mengikuti prinsip cover both side atau keseimbangan dalam menampilkan berita. Keseimbangan tersebut dibuktikan dengan produksi teks yang tidak hanya satu pihak tetapi dari beberapa sudut pandang yang berbeda.
Description: Analisis Wacana Kritis
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126631
Appears in Collections:UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ais Shelma Halida Fajria_repository.pdf
  Until 2028-08-27
Analisis Wacana Kritis Pemberitaan Kelangkaan Minyak Goreng di Indonesia pada Media Massa Online Kompas.com1.32 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools