Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/1265
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorBahri, Saiful-
dc.date.accessioned2013-10-07T07:43:54Z-
dc.date.available2013-10-07T07:43:54Z-
dc.date.issued2013-10-07-
dc.identifier.nimNIM070210103096-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1265-
dc.description.abstractPenelitian dilaksanakan di SMA Negeri Se-kecamatan Kota Bondowoso yang terdiri dari tiga sekolah yaitu SMA Negeri 1 Bondowoso, SMA Negeri 2 Bondowoso, dan SMA Negeri 3 Bondowoso. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif, dengan menggunakan metode survei dan untuk penggalian data menggunakan diantaranya, angket, wawancara serta dokumentasi. Data myang diperoleh dari hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif yang berupa rerata (mean), persentase dan frekuensi. Data hasil dari angket menunjukkan bahwa responden guru sebanyak 8 orang mengalami permasalahan dalam meningkatkan kompetensi profesional pembelajaran biologi di SMA terkait kompetensi profesional adalah kesulitan dalam menerjemahkan buku buku (37,5%) responden tidak pernah melakukannya, kesulitan menulis buku pelajaran (50%) responden tidak pernah menulis buku pelajaran, dan kesulitan menciptakan karya seni (62,5%) responden tidak pernah membuat karya seni, kesulitan memahami visi dan misi (50%) responden jarang memahami visi dan misi, dan kemampuan membangun sistem yang menunjukkan keterkaitan pendidikan dan luar sekolah (62,5%) responden jarang mampu membangun sistem yang menunjukkan keterkaitan pendidikan dan luar sekolah, kesulitan dalam memahami struktur pengetahuan (37,5%) responden jarang memahami struktur pengetahuan, menguasai substansi materi (37,5%) responden jarang menguasai substansi materi, dan menguasai substansi kekuasaan sesuai dengan jenis pelayanan yang dibutuhkan siswa (87,5%) responden jarang menguasai substansi kekuasaan sesuai dengan jenis pelayanan yang dibutuhkan siswa. Upaya yang dilakukan oleh guru sendiri, kepala sekolah dan dinas pendidikan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan kompetensi profesional pembelajaran biologi di SMA adalah melalui MGMP, pendidikan diklat, program induksi, bimbingan secara personal, penyediaan sarana dan prasarana di sekolah yang dapat menunjang kegiatan guru dalam melaksanakan pembelajaran serta adanya apresiasi bagi guru yang berprestasi oleh sekolah dan dinas pendidikan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210103096;-
dc.subjectInventarisasi Permasalahan yang Dihadapi Guru, Kompetensi Profesional Pembelajaran Biologi di SMA Negerien_US
dc.titleINVENTARISASI UPAYA MENGATASI PERMASALAHAN YANG DIHADAPI GURU DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN KOTA BONDOWOSOen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Saiful Bahri - 070210103096.pdf522.51 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools