Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126528
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | SHINTYANINGRUM, Pretty | - |
dc.date.accessioned | 2025-06-12T02:19:39Z | - |
dc.date.available | 2025-06-12T02:19:39Z | - |
dc.date.issued | 2024-03-25 | - |
dc.identifier.nim | 200210102057 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126528 | - |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 12 Juni 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Pemilihan model pembelajaran yang masih kurang sesuai, kurangnya penggunaan media pembelajaran, metode pengajaran yang masih berpusat hanya pada guru merupakan permasalahan yang cukup penting untuk dibahas khususnya dalam kegiatan pembelajaran fisika yang konsep-konsepnya masuk dalam kategori cukup sulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) berbantuan Simulasi PhET terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar fisika siswa SMK. Model pembelajaran ini tentu saja dibangun melalui proses berpikir, berbicara dan menulis. Sehingga dapat mengembangkan kemampuan siswa. Selain itu, penggunaan media yang tepat dan interaktif seperti Simulasi PhET turut berkontribusi terhadap keberhasilan proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Design, dengan populasi penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas X SMK Negeri 3 Jember. Populasi telah diukur dan homogen melalui uji homogenitas, sehingga sampel diambil dengan menggunakan metode Cluster Random Sampling. Jadi sampel penelitian yang diperoleh adalah X TBS 3 sebagai kelas eksperimen dan X RPL sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil tes angket sikap ilmiah pada kelas eksperimen lebih besar dengan skor rata-rata sebesar 87,65% dan pada kelas kontrol diperoleh skor rata-rata sebesar 75,78%. Selanjutnya hasil belajar fisika melalui post-test pada kelas eksperimen lebih besar yaitu dengan skor rata-rata 87,2 dan pada kelas kontrol skor rata-rata 77,3. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) berbantuan Simulasi PhET terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar fisika siswa SMK. | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Drs. Subiki, M.Kes., M.C.E. DPA: Lailatul Nuraini, S.Pd., M.Pd., CIQnR., M.C.E. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Berpikir Berbicara Menulis | en_US |
dc.subject | Simulasi PhET | en_US |
dc.subject | Sikap Ilmiah | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.title | Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) berbantuan PhET Simulation terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMK | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Fisika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Subiki, M.Kes., M.C.E. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Lailatul Nuraini, S.Pd., M.Pd., CIQnR., M.C.E. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_Mei 2025 | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
PRETTY SHINTYANINGRUM_200210102057.pdf Until 2029-03-26 | 994.33 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools