Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126469
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | UTAMI, Meldi Putri | - |
dc.date.accessioned | 2025-06-04T07:09:38Z | - |
dc.date.available | 2025-06-04T07:09:38Z | - |
dc.date.issued | 2023-06-21 | - |
dc.identifier.nim | 190210104010 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126469 | - |
dc.description | Validasi_firli_20_Mei_25 ::: Finalisasi unggah file repositori tanggal 4 Juni 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Pendidik pada abad 21 diharapkan menjadi pendidik cakap yang dapat memaknai sekaligus dan menjadi fasilitator perubahan kualitas pembelajaran di sekolah. Keterampilan yang harus dikembangkan oleh pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran disebut 4C yaitu Communication, Creativity, Collaborative, dan Critical thinking. Potensi siswa memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dapat ditingkatkan dengan keterampilan berpikir kritis. Siswa yang mampu berpikir kritis dapat menganalisis pemikiran mereka untuk memastikan keputusan yang dibuat dan dapat menarik kesimpulan dengan tepat. Berdasarkan hasil studi PISA tersebut siswa indonesia dinyatakan memiliki keterampilan berpikir kritis rendah. Hasil wawancara peneliti dengan guru IPA di SMPN 3 Jember juga mendukung pendapat bahwa banyak siswa yang memiliki keterampilan berpikir kritis rendah, hal ini dapat dilihat dari cara siswa menjawab pertanyaan yang diberikan untuk mengkaji materi, siswa cenderung menjelaskan kalimat yang hampir sama dengan sumber buku yang digunakan, dan pada setelah pembelajaran siswa belum mampu merumuskan materi yang dipelajari terutama pada bab yang cukup kompleks seperti tekanan zat. Alternatif pembelajaran yang bisa dilakukan sebagai upaya meningkatkan keterampilan berpikir kritis adalah dengan memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif dan menarik seperti penggunaan media pembelajaran berbasis PhET Simulation. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengkaji pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis PhET Simulation pada materi tekanan zat terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian kuantitatif ini termasuk jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Jember pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel yaitu kelas VIIIF sebagai kelas kontrol dan VIIIG sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tulis berupa pretest dan postest, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil pretest-posttest pada kedua kelas dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-Test dan dilanjutkan uji t-pihak kanan. Uji Independent Sample T-Test dapat dilakukan apabila syarat uji homogenitas dan uji normalitas terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan taraf signifikansi pada uji t sebesar 0.000 < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan rata-rata nilai posttest antara kelas kontrol dan eksperimen. Pencapaian setiap indikator keterampilan berpikir kritis kedua kelas, Persentase tertinggi terletak pada indikator interpretasi yaitu sebesar 72.50% pada kelas kontrol dan 88% pada kelas eksperimen. Untuk persentase terendah terletak pada indikator evaluasi yaitu sebesar 46.25% pada kelas kontrol, dan 62.50% pada kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis PhET Simulation pada materi tekanan zat berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP. | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Pramudya Dwi Aristya Putra, S. Pd., M. Pd., Ph. D DPA: Diah Wahyuni, S. Pd., M. Sc. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Media Pembelajaran | en_US |
dc.subject | PhET Simulation | en_US |
dc.subject | Pembelajaran IPA | en_US |
dc.subject | Tekanan Zat | en_US |
dc.title | Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis PhET Simulation pada Materi Tekanan Zat Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan IPA | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Pramudya Dwi Aristya Putra, S. Pd., M.Pd., Ph.D | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Diah Wahyuni, S.Pd., M.Sc | en_US |
dc.identifier.validator | Validasi_firli_20_Mei_25 | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
MELDI PUTRI UTAMI_SKRIPSI REPOSITORY.pdf Until 2028-08-01 | Meldi Putri Utami_190210104010 | 8.1 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools