Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126430
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAYESA, Lola-
dc.date.accessioned2025-06-02T16:11:38Z-
dc.date.available2025-06-02T16:11:38Z-
dc.date.issued2023-10-06-
dc.identifier.nim180210205026en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126430-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 2 Juni 2025en_US
dc.description.abstractDi TK Dharma Wanita Desa Kebonsari Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang, terdapat satu guru yang memiliki usia 58 tahun dan memiliki pengalaman mengajar selama 36 tahun. Guru tersebut masih memiliki semangat tinggi yang termotivasi dari dirinya sendiri karena beliau merasa dirinya sudah akrab dengan anak-anak dan dengan kegiatan pembelajaran beliau bisa menumbuhkan rasa semangat tersebut untuk mencerdaskan anak-anak meskipun menjelang masa pensiun. Hal ini menarik untuk diteliti untuk menggali lebih banyak informasi bagaimana kinerja pembelajaran guru senior atau guru yang memiliki usia lebih tua atau mendekati masa pensiun masih harus bekerja sesuai dengan tuntutan guru yang memiliki usia yang lebih muda atau secara umum. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan 3 metode, yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah guru senior mampu membuat RPPH sendiri sesuai dengan tema pembelajaran, mampu menyiapkan alat dan bahan, mampu menciptakan pembelajaran aktif dengan kegiatan di luar kelas, membuat karya, mewarnai, menempel dan lainnya. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru senior membuat penilaian ceklist dan penilaian hasil karya. Kendala dari guru senior adalah guru senior tidak paham tentang penggunaan Microsoft words. Sehingga dalam pengetikan LCPA guru senior meminta tolong kepada anaknya. Hasil dari pengawasan pembelajaran oleh Kepala Sekolah kepada guru senior adalah pembiasaan awal sudah terlaksana, persiapan KBM belum maksimal, tempo suara terlalu cepat disampaikan ke anak, kegiatan sudah sesuai RPPH, dan interaksi dengan anak baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectGURU SENIORen_US
dc.subjectKINERJA GURUen_US
dc.subjectPEMBELAJARANen_US
dc.titleKinerja Pembelajaran Guru Senior di TK Dhama Wanita Kebonsari Kecamatan Yosowilngun Kabupaten Lumajang Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.Aen_US
dc.identifier.pembimbing2Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Upload repository Lola.pdf
  Until 2028-06-10
679.03 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools