Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126307
Title: Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Project Based Learning Dalam Merancang Pembangkit Tenaga Listrik Melalui Canva Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar
Authors: ZULKIFLI, ARIF
Keywords: Pembelajaran berdiferensiasi dengan model PJBL melalui aplikasi canva, berpikir kreatiff siswa, literasi digital siswa
Pembelajaran PJBL
canva
berpikir kreatiff siswa
literasi digital
Issue Date: 17-Apr-2025
Publisher: UNIVERSITAS JEMBER
Abstract: Kemampuan utama dalam pendidikan modern adalah keterampilan 4C yang terdiri dari berpikir kritis, kreatif, kolaborasi, dan komunikasi sangat diperlukan oleh generasi sekarang. Akan tetapi hasil penilaian siswa internasional (PISA) tahun 2022 menunjukkan kemampuan berpikir kreatif siswa Indonesia di peringkat bawah dan menurut survey nasional oleh BPS tahun 2024 literasi digital siswa pada pembelajaran masih sangat kurang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi pembelajaran PjBL berdiferensiasi untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan literasi digital siswa pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan secara eksperimental dengan menggunakan desain “Pre-test Post-test Control Design” di SD Negeri Ditotrunan 01 Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang. Sebagai kelas eksperimen adalah kelas 4A yang mengimplementasikan pembelajaran PjBL berdiferensiasi dengan proyek merancang pembangkit tenaga listrik melalui canva, dan sebagai kelas kontrol adalah kelas 4B dengan materi yang sama namun menggunakan pembelajaran konvensional seperti biasanya. Pengukuran kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan melalui pre-test dan post-test meliputi indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu fluency, flexibility, originality dan elaboration. Sedangkan pengukuran literasi digital siswa melaui observasi awal dan akhir yang meliputi indikator literasi digital yaitu searching on the internet, hypertextual navigation, content evaluation, dan knowledge assembly. Metode analisis menggunakan Kruskal Wallis karena untuk data yang diperoleh tidak berdistribusi normal. Hasil analisis membuktikan bahwa rata-rata hasil post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol pada semua indikator variabel kemampuan berpikir kreatif dan literasi digital siswa dengan perbedaan secara signifikan (p < 0,05). Kesimpulanmya, pembelajaran PjBL berdiferensiasi berpengaruh secara siginifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif dan literasi digital siswa dalam merancang pembangkit tenaga listrik melalui canva pada siswa sekolah dasar.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126307
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
tesis fix.pdf
  Until 2030-05-08
1.48 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.