Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126246
Title: Nilai Publik pada Pelayanan Kartu Keluarga Melalui Whatsapp Online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember
Authors: NABILAH, Silfia
Keywords: Pelayanan Kartu Keluarga
Nilai Publik
Whatsapp Online
Issue Date: 4-Jul-2024
Publisher: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai publik pada pelayanan kartu keluarga melalui whatsapp online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. Berdasarkan hasil observasi awal terdapat beberapa keluhan yang diadukan oleh masyarakat terkait pelayanan kartu keluarga melalui whatsapp sebagai media pelayanan seperti nomor yang tidak aktif, proses layanan yang lama serta tidak ada kejelasan, dan tanggapan slow respon. Konsep nilai publik dalam penelitian ini mengacu pada teori Mark Moore yang terdiri atas dimensi legitimasi dan dukungan, kemampuan operasional, dan nilai substansial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu kelemahan pada legitimasi pelayanan, kemampuan operasional yang belum memenuhi terkait sumber daya pada petugas operator pelayanan, penggunaan media utama aplikasi whatsapp yang kurang tepat sebagai media pelayanan, SOP pada sistem chat bot yang tidak interaktif, serta dapat terblokirnya nomor akun whatsapp. Pada nilai substansial terdapat aspek nilai ekonomi, nilai kemudahan, nilai sosial budaya dan nilai ekologi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126246
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SILFIA NABILAH_190910201104_REPOSITORY.pdf
  Until 2029-12-31
1.93 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools