Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126238
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLESTARI, Khalifah Anggun-
dc.date.accessioned2025-05-07T03:38:11Z-
dc.date.available2025-05-07T03:38:11Z-
dc.date.issued2024-07-17-
dc.identifier.nim200110401075en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126238-
dc.description.abstractSri Asih adalah film yang disutradarai oleh Upi Avianto bergendre action dengan tema superhero. Film yang dirilis tahun 2022 ini bercerita tentang kehidupan Sri Asih sebagai superhero yang harus melawan kejahatan di sekitarnya. Seperti tokoh superhero pada umumnya, Sri Asih memiliki musuh atau yang biasa disebut villain bernama Jatmiko. Jatmiko adalah seorang polisi dengan pangkat rendah yang selalu patuh terhadap perintah atasannya dan takut terhadap elite ekonomi. Penindasan yang dialami Jatmiko membuatnya mengalami perkembangan karakter di sepanjang film. Sinematografi sebagai unsur sinematik turut berperan dalam mendukung perkembangan karakter Jatmiko. Penelitian ini bertujuan menemukan motivasi penerapan sinematografi dalam setiap perkembangan karakter Jatmiko. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Melalui tahap reduksi data, penulis memilih scene yang memuat sinematografi sebagai pendukung perkembangan karakter Jatmiko dalam film Sri Asih. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa aspek sinematografi mendukung 7 dari 8 adegan yang memuat perkembangan karakter Jatmiko. Unsur framing yang terdiri atas angle, level (kemiringan kamera), height (ketinggian kamera), dan distance of framing (jarak kamera) saling berkesinambungan membentuk pola sinematografi dalam setiap perkembangan karakter tokoh Jatmiko. Sinematografi berhasil mendukung aspek naratif yaitu perkembangan karakter tokoh Jatmiko. Sinematografi sangat mendukung 4 karakter Jatmiko sebagai pelaku protagonis, complex character, pelaku dinamis, dan pelaku antagonis. Aspek sinematografi berperan besar dalam menonjolkan perkembangan tokoh berdasarkan detail ekspresi, gestur, maupun latar suasana yang menjadi penyebab perkembangan karakter tokoh.en_US
dc.description.sponsorshipDidik Suharijadi, S.S., M.A Denny Antyo Hartanto, S.Sn., M.Snen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Budayaen_US
dc.subjectSinematografien_US
dc.subjectperkembangan karakteren_US
dc.subjectFilm Sri Asihen_US
dc.subjectKarakter Tokohen_US
dc.titleAnalisis Motivasi Penerapan Sinematografi untuk Mendukung Perkembangan Karakter Tokoh Jatmiko Pada Film Sri Asihen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiProgram Studi Televisi dan Filmen_US
dc.identifier.pembimbing1Didik Suharijadi, S.S., M.Aen_US
dc.identifier.pembimbing2Denny Antyo Hartanto, S.Sn.,M.Snen_US
dc.identifier.validatorRevaen_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2025_05_tanggal 07en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Khalifah Anggun L 20010401075.pdf
  Until 2029-07-17
938.44 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools