Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126209
Title: | Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP/MTs |
Authors: | FADILA, Lailatul |
Keywords: | CTL LITERASI MATEMATIKA CHANGE AND RELATIONSHIP |
Issue Date: | 18-Jul-2023 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Rendahnya capaian literasi matematika di Indonesia khususnya materi aljabar yang diujikan pada PISA memuat didalam konten Change and Relationship menjadi perhatian khusus di bidang pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan literasi matematika siswa MTs berdasarkan soal PISA Change and Relationship. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi-Eksperiment pretest-posttest dengan kelas eksperimen dan kontrol. Penelitian ini melibatkan 27 siswa kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa kelas VIIIC sebagai kelas kontrol di MTsN 7 Kediri. Teknik analisis menggunakan teknik kuantitatif dengan uji statistik inferensial parametrik. Hasil pengujian menggunakan uji Independent Sample T-Test menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,015 < 0,05. Nilai rata-rata uji N-Gain kelas eksperimen adalah 0,51 sedangkan kelas kontrol adalah 0,28. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada kemampuan literasi matematika siswa yang diajar menggunakan pendekatan CTL dibandingkan pembelajaran konvensional. |
Description: | Finalisasi oleh Taufik Tgl 7 Mei 2025 |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126209 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI LAILATUL FADILA PENDIDIKAN MATEMATIKA.pdf Until 2028-07-18 | 4.46 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools