Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126165
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDARWISY, Dhiyo Ghani-
dc.date.accessioned2025-05-05T23:49:26Z-
dc.date.available2025-05-05T23:49:26Z-
dc.date.issued2023-04-01-
dc.identifier.nim180210402090en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126165-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 6 Mei 2025en_US
dc.description.abstractPenelitian ini mendeskripsikan tentang wacana direktif dalam video iklan pada Channel YouTube Agung Hapsah. Agung Hapsah merupakan seorang content creator yang menayangkan video tutorial, film pendek, video keseharian, dan video iklan. Video iklan yang ditayangkan, terdapat produk iklan seperti barang elektronik, aplikasi, minuman. Video iklan yang disampaikan terdapat wacana direktif. Wacana direktif merupakan rangkaian ujaran atau kalimat yang disampaikan penutur atau penulis untuk mengarahkan pendengar atau pembaca agar melakukan sesuatu. Wacana direktif dapat dipahami dengan cara mengetahui konteks dan fungsi wacana direktif yang disampaikan Agung Hapsah untuk menentukan kesejatian suatu wacana berkategori direktif. Agar ditemukan konteks, jenis, dan fungsi wacana direktif secara menyeluruh dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis wacana dengan teori Tripp. Adapun hasil dari penelitian ini berkenaan dengan deskripsi mengenai jenis wacana direktif, konteks wacana direktif, dan fungsi wacana direktif yang disampaikan Agung Hapsah dalam mengiklankan produk. Wacana direktif tersebut dipengaruhi konteks untuk memudahkan dalam menyampaikan iklan yang didalamnya berisi konten.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Rusdhianti Wuryaningrum, S.Pd., M.Pd. Ahmad Syukron, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectIKLANen_US
dc.subjectKONTEKSen_US
dc.subjectWACANA DIREKTIFen_US
dc.titleWacana Direktif dalam Video Iklan pada Channel YouTube Agung Hapsahen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Bahasa dan Sastra Indonesiaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Rusdhianti Wuryaningrum, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ahmad Syukron, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
180210402090_Dhiyo Ghani Darwisy_Skripsi Final(Watermark).pdf
  Until 2028-04-11
1.05 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools