Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126028
Title: | Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teman 5 Subtema 1 Semester Gasal Tahun Pelajaran 2022 Siswa Kelas V Tadika Nurul Huda Koskuan |
Authors: | AE-UDOM, Zorif |
Keywords: | Hasil Belajar IPA Mind Mapping |
Issue Date: | 7-Jun-1999 |
Publisher: | Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan |
Abstract: | Pembelajaran merupakan proses interaksi antara pendidik dan siswa yang bertujuan menyampaikan informasi dan pengetahuan. Salah satu upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah melalui penerapan metode pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Mind Mapping terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tentang ekosistem. Metode Mind Mapping adalah teknik mencatat yang melibatkan kerja otak kanan dan kiri secara simultan, sehingga dapat membantu siswa memahami dan mengingat materi pelajaran dengan lebih efektif melalui penggunaan warna, gambar, dan garis lengkung. Penelitian ini dilakukan di Tadika Nurul Huda Koskuan, Kampong Koskuan, Thailand, dengan menggunakan pendekatan tindakan kelas pada siswa kelas V semester gasal tahun pelajaran 2022. Pemilihan lokasi penelitian menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan pertimbangan tertentu. Berdasarkan hasil observasi dan analisis data, ditemukan bahwa penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penerapan metode ini memberikan kebebasan bagi siswa dalam mengembangkan pengetahuan dan kreativitas sesuai dengan imajinasinya. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode Mind Mapping efektif diterapkan dalam pembelajaran IPA, khususnya materi ekosistem. Saran yang diberikan meliputi pentingnya siswa untuk terus belajar dengan metode ini, guru diharapkan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dengan memanfaatkan Mind Mapping, serta peneliti selanjutnya dapat mengembangkan penelitian ini dengan mempertimbangkan faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa. |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 21 April 2025_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126028 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
doc.pdf Until 2028-04-17 | Zorif Ae-Udom_170210204239 | 1.94 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools