Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126009
Title: Pengaruh Kualitas Produk dan Social Media Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Studio Rana
Authors: SUPRAPMITA, Devina Farah Nur
Keywords: Kualitas Produk
Social Media Marketing
Kepuasan Konsumen
Keputusan Pembelian Konsumen
Issue Date: 14-May-2024
Publisher: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract: Fotografi merupakan salah satu media yang dapat digunakan untuk mendokumentasikan suatu momen atau peristiwa penting. Kualitas produk diperlukan untuk menarik konsumen agar melakukan pembelian. Social media marketing perlu diperhatikan untuk meningkatkan daya tarik konsumen. Kualitas produk yang baik, serta social media marketing yang menarik, maka konsumen akan merasa puas, kepuasan konsumen merupakan salah satu tujuan dari perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan social media marketing terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian di Studio Rana Banyuwangi. Penelitian menggunakan pendekatan explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Studio Rana. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini dihasilkan dari 17 indikator dikali 8 yang menghasilkan 136 responden dengan kriteria konsumen sudah pernah melakukan foto di Studio Rana dan konsumen berusia diatas 17 tahun. Penelitian menggunakan data kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan penyebaran kuesioner secara langsung kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM), dengan bantuan software Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t-statistic 2,542 dan p-values 0.011. (2) Social media marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t-statistic 1,621 dan p-values 0.106. (3) Kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-statistic 5,327 dan p-values 0.000. (4) Social media marketing berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai tstatistic 4,660 dan p-values 0.000. (5) Keputusan pembelian berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai t-statistic 5,999 dan p-values 0.000. (6) Kualitas produk berpengaruh positif signinifikan terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian dengan nilai t-statistic 3,885 dan p-values 0.000. (7) Social media marketing berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian dengan nilai t-statistic 3,575 dan p-values 0.000.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 21 April 2025_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/126009
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Devina Farah Nur Suprapmita_200910202124.pdf
  Until 2029-06-11
2.05 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools