Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125968
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | PAMUNGKAS, Bagas Priyo | |
dc.date.accessioned | 2025-04-17T02:58:11Z | |
dc.date.available | 2025-04-17T02:58:11Z | |
dc.date.issued | 2024-06-24 | |
dc.identifier.nim | 200210303078 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125968 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 17 April 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Kondisi pembelajaran di sekolah yang cenderung tidak interaktif memicu ketidakaktifan siswa selama proses belajar berlangsung, selain itu penerapan model pembelajaran konvensional yang kurang maksimal juga berdampak pada kemampuan berpikir spasial siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan siswa cenderung tidak terlibat secara aktif kedalam pembelajaran, hal ini berpengaruh pada kegiatan pembelajaran serta kemampuan berpikir spasial akibat kurangnya pemahaman juga keterlibatan siswa pada materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran earthcomm terhadap kemampuan berpikir spasial menggunakan media peta pada siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain posttes only control group. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran earthcomm memiliki nilai rata-rata posttes kemampuan berpikir spasialyang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki nilai ratarata 69,52 sedangkan kelas kontrol 62,14. Berdasarkan nilai Independent Sample T-tes yang kurang dari (>) 0,05 dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran earthcomm berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir spasial menggunakan media peta siswa SMA. | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Fahmi Arif Kurnianto, S.Pd., M.Pd. DPA: Era Iswara Pangastuti, S.Pd., M.Sc. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Earthcomm | en_US |
dc.subject | Geografi | en_US |
dc.subject | Kemampuan Berpikir Spasial | en_US |
dc.subject | Media Peta | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran EARTHCOMM Berbantuan Peta Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Geografi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Fahmi Arif kurnianto, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Era Iswara Pangastuti, S.Pd., M.Sc. | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Repository_Bagas Priyo Pamungkas.pdf Until 2029-06-24 | Bagas Priyo Pamungkas_200210303078 | 4.3 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools