Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125968
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPAMUNGKAS, Bagas Priyo
dc.date.accessioned2025-04-17T02:58:11Z
dc.date.available2025-04-17T02:58:11Z
dc.date.issued2024-06-24
dc.identifier.nim200210303078en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125968
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 17 April 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractKondisi pembelajaran di sekolah yang cenderung tidak interaktif memicu ketidakaktifan siswa selama proses belajar berlangsung, selain itu penerapan model pembelajaran konvensional yang kurang maksimal juga berdampak pada kemampuan berpikir spasial siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan siswa cenderung tidak terlibat secara aktif kedalam pembelajaran, hal ini berpengaruh pada kegiatan pembelajaran serta kemampuan berpikir spasial akibat kurangnya pemahaman juga keterlibatan siswa pada materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh signifikan dari penerapan model pembelajaran earthcomm terhadap kemampuan berpikir spasial menggunakan media peta pada siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain posttes only control group. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan model pembelajaran earthcomm memiliki nilai rata-rata posttes kemampuan berpikir spasialyang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen memiliki nilai ratarata 69,52 sedangkan kelas kontrol 62,14. Berdasarkan nilai Independent Sample T-tes yang kurang dari (>) 0,05 dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran earthcomm berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir spasial menggunakan media peta siswa SMA.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Fahmi Arif Kurnianto, S.Pd., M.Pd. DPA: Era Iswara Pangastuti, S.Pd., M.Sc.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectEarthcommen_US
dc.subjectGeografien_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Spasialen_US
dc.subjectMedia Petaen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran EARTHCOMM Berbantuan Peta Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Geografien_US
dc.identifier.pembimbing1Fahmi Arif kurnianto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Era Iswara Pangastuti, S.Pd., M.Sc.en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Repository_Bagas Priyo Pamungkas.pdf
  Until 2029-06-24
Bagas Priyo Pamungkas_2002103030784.3 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools