Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125730
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | BERNADUS, Monica Stevani Putri | - |
dc.date.accessioned | 2025-03-13T05:30:38Z | - |
dc.date.available | 2025-03-13T05:30:38Z | - |
dc.date.issued | 2024-06-21 | - |
dc.date.submitted | ||
dc.identifier.nim | 200210204025 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125730 | - |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 13 Maret 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Pembelajaran IPAS di sekolah dasar adalah salah satu mata pelajaran yang penting untuk diajarkan kepada peserta didik. Pada pelajaran IPAS peserta didik dituntut untuk memahami materi keberagaman sosial dan budaya, karena terdapat pada capaian pembelajaran IPAS. Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas dan beberapa peserta didik kelas IV di SDN Kepatihan 03 Jember pada bulan Juni tahun 2023, diperoleh informasi bahwa peserta didik masih belum memahami materi keragaman budaya Indonesia dan guru belum mengembangkan media yang berbasis keragaman budaya untuk menunjang pembelajaran tersebut. Flash card adalah salah satu inovasi yang dapat digunakan dalam mengatasi permasalahan mengenai pemahaman materi topik B “Kekayaan Budaya Indonesia” pada peserta didik kelas IV karena memiliki kelebihan yaitu bentuknya praktis dan gambarnya menarik. Berdasarkan permasalahan dan temuan tersebut, diperlukan adanya pengembangan media flash card berbasis kebhinekaan global untuk menunjang pembelajaran IPAS pada bab VI “Indonesiaku Kaya Budaya”. Rumusan masalah yang dikaji berdasarkan pernyataan tersebut yakni bagaimanakah pengimplementasian Borg and Gall dan kevalidan, keefektifan, serta kepraktisan media flas card berbasis kebhinekaan global materi Indonesiaku kaya budaya pada peserta didik kelas IV SDN Kepatihan 03 Jember?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) model Bord and Gall dengan 8 langkah. Tahap penelitian tersebut meliputi (1) penelitian pendahuluan; (2) perencanaan pengembangan produk; (3) pengembangan desain produk awal; (4) validasi desain produk; (5) revisi desain produk; (6) uji coba penggunaan; (7) revisi desain produk; serta (8) uji coba keefektifan. Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk memvalidasi dan menguji keefektifan serta kepraktisan suatu produk. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B dan IV C SDN Kepatihan 03 Jember yang berjumlah 48 peserta didik. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara, validasi, angket, dan tes. Instrumen penelitian yang diperlukan untuk mengumpulkan data meliputi lembar validasi, lembar instrumen tes, dan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Validasi produk dilakukan oleh ahli disetiap bidang. Hasil dari penelitian ini adalah media flash card yang sudah divalidasi oleh 2 dosen ahli yakni ahli media dan ahli bahasa, 1 wali kelas IV sebagai ahli materi. Hasil validasi produk, media flash card berbasis kebhinekaan global dinyatakan valid karena mendapat nilai 86,8. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk masuk kategori sangat layak. Hasil perhitungan uji t-test diketahui bahwa nilai t lebih besar dari t-tabel (14,580> 2,012), maka produk yang dikembangkan lebih efektif daripada produk lama. Perhitngan dilanjutkan dengan uji ER. Produk yang dikembangkan masuk kategori keefektifan tinggi dan lebih efektif 63% dari produk sebelumnya. Hasil perhitngan respons peserta didik mendapat nilai 96,5%, masuk kategorii sangat praktis. Saran yang dapat diberikan yakni, kepada peserta didik hendaknya dapat merawat media flash card berbasis kebhinekaan global agar tidak rusak. Media flash card hendaknya di buat pada mata pembelajaran lain oleh para pendidik. Bagi para peneliti lain hendaknya penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan untuk melaksanakan pengembangan media flash card berikutnya. | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd. DPA: Rizki Putri Wardani, M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Media Pembelajaran Flash Card | en_US |
dc.subject | Kebhinekaan Global | en_US |
dc.subject | SDN Kepatihan 03 Jember | en_US |
dc.subject | Materi IPAS | en_US |
dc.title | Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Berbasis Kebhinekaan Global Materi IPAS Bab VI "Indonesiaku Kaya Budaya" Peserta Didik Kelas IV SDN Kepatihan 03 Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Rizki Putri Wardani, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_Maret 2025 | en_US |
Appears in Collections: | MT-Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Monica Stevani Putri Bernardus_skripsi repository unej.pdf Until 2028-06-21 | Monica Stevani Putri Bernardus_200210204025 | 1.16 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.