Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125653
Title: Pengembangan Game “Math Treasure” Berbantuan RPG Maker MV Untuk Meningkatkan ICT Literacy Siswa Pada Materi Pola Bilangan
Authors: JANNAH, Dewi Akhsanul
Keywords: Pengembangan Game
RPG Maker MV
ICT Literacy
Materi Pola Bilangan
Issue Date: 26-Feb-2025
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Era revolusi industry 4.0 telah dirasakan oleh seluruh dunia salah satunya masyarakat Indonesia, hal ini terlihat dari banyaknya produk digital yang telah berkembang dan bahkan memengaruhi struktur sosial dalam masyarakat. Hampir seluruh kebutuhan masyarakat bergantung pada produk digital, mulai dari perputaran informasi, ekonomi, sosial hingga dalam dunia pendidikan. Jumlah pengguna internet dan sosial media di Indonesia mencapai 5,35 miliyar naik 97 juta dibandingkan tahun 2023 selain itu, sebanyak 83,1% alasan pengguna internet adalah untuk menemukan informasi. Literasi ICT merupakan keterampilan mendasar yang harus dimiliki setiap individu agar pemanfaatan informasi dari berbagai media digital dapat menjadi dengan lebih akurat dan efisien. Kemampuan literasi ICT perlu pembiasaan salah satu caranya adalah melalui gerakan literasi sekolah. Saat ini, Indonesia masih mengalami masalah darurat literasi, baik itu literasi digital maupun non digital. Game edukasi merupakan salah satu produk digital yang kini banyak digunakan dalam proses pembelajaran. Penggunaan game edukasi dalam proses pembelajaran memberikan dampak positif, antara lain menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan menghibur. Oleh sebab itu, penggunaan game edukasi dalam kegiatan gerakan literasi sekolah diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi ICT siswa. Pengembangan game edukasi dapat memanfaatkan berbagai macam software salah satunya adalah software RPG Maker MV. Game edukasi yang dikembangkan dengan menggunakan RPG Maker MV dapat dijalankan dalam berbagai platform salah satunya adalah android. Materi matematika yang dapat dipelajari melalui game edukasi adalah materi pola bilangan kelas VIII SMP. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4- D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Game edukasi yang dikembangkan harus memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif agar dapat dikatakan layak dijadikan sebagai media pembelajaran serta mampu meningkatkan kemampuan Literasi ICT siswa. Uji coba penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumberjambe dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa. Hasil yang didapatkan adalah game edukasi dinyatakan valid dengan nilai koefisien 0,87 yang termasuk dalam kategori sangat tinggi. Game edukasi juga dinyatakan praktis dengan nilai persentase sebesar 84% dengan kategori tinggi. Keefektifan game edukasi dilihat dari nilai hasil tes yang memenuhi KKM serta peningkatan ICT Literacy. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh 86% siswa memperoleh nilai post-test diatas KKM atau memenuhi kategori tuntas. Perolehan nilai N-Gain untuk angket ICT Literacy adalah sebesar 0,87 termasuk kategori tinggi. Nilai N-Gain untuk masing-masing indikator juga mengalami peningkatan, yaitu access sebesar 0,93 berkategori tinggi, manage sebesar 0,78 berkategori tinggi, integrate sebesar 1 berkategori tinggi, evaluate sebesar 0,82 berkategori tinggi, dan create sebesar 0,67 berkategori sedang. Sehingga game edukasi dinyatakan efektif dan dapat meningkatkan kemampuan ICT Literacy siswa.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 7 Maret 2025_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125653
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
200210101015.pdf
  Until 2029-02-26
Dewi Akhsanul Jannah_2002101010152.2 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools