Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125556
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorRAMADHANI, Dhimas Enggar-
dc.date.accessioned2025-02-26T22:04:44Z-
dc.date.available2025-02-26T22:04:44Z-
dc.date.issued2024-07-18-
dc.identifier.nim200910302123en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125556-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 27 Pebruari 2025en_US
dc.description.abstractSaat ini konten media sosial di Indonesia sering menampilkan dan membahas tentang fashion bernama skena. Fashion skena menjadi viral dan sering diidentikkan dengan tren juga gaya hidup masyarakat khususnya kaum muda. Fashion sendiri menjadi bagian krusial untuk menunjang penampilan dalam setiap harinya. Anak muda yang mengikuti tren ini hadir dengan ciri khas tertentu, seperti mengenakan pakaian branded, aksesoris mencolok, gaya rambut unik, dan sering ke coffee shop setiap hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memaknai tampilan anak muda di coffee shop sebagai kontestasi tren fashion masa kini. Penelitian ini menggunakan perspektif Pierre Bourdieu (Bourdieu 2018) tentang selera dan kelas sosial untuk memahami praktik sosial dan kontestasi kancah fashion yang muncul di coffee shop. Metode strukturalisme generatif diterapkan dengan melihat sejarah dan perkembangan dunia fashion di kalangan pemuda Jember melalui wawancara mendalam dengan informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa munculnya selera merupakan salah satu penentu fungsi sosial yang mereproduksi struktur kelas. Generasi muda dengan kelas sosial yang tinggi akan mengembangkan dan mempertahankan kebiasaan dan selera yang tinggi serta menentukan produk apa yang akan mereka konsumsi. Selera merupakan bagian dari keberadaan kelas sosial yang tercipta dalam masyarakat, yang khususnya terlihat dalam fenomena dunia fashion.en_US
dc.description.sponsorshipDien Vidia Rosa ,S.Sos., M.A. Lukman Wijaya Baratha S.Sos., M.Aen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectSKENAen_US
dc.subjectANAK MUDAen_US
dc.subjectCOFFEE SHOPen_US
dc.subjectFASHIONen_US
dc.titleFashion Skena : Representasi dan Kontestasi Tampilan Kaum Muda di Coffee Shop Jemberen_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiSosiologien_US
dc.identifier.pembimbing1Dien Vidia Rosa ,S.Sos., M.A.en_US
dc.identifier.pembimbing2Lukman Wijaya Baratha S.Sos., M.Aen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Februari 2025en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Dhimas Enggar Ramadhani_200910302123_Watermarked.pdf
  Until 2029-07-18
5.64 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools