Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125477
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | WIJAYANTI, Fajar Wijayanti | - |
dc.date.accessioned | 2025-02-20T07:26:09Z | - |
dc.date.available | 2025-02-20T07:26:09Z | - |
dc.date.issued | 2024-07-11 | - |
dc.identifier.nim | 200210204058 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125477 | - |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 20 Februari 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Kurikulum Merdeka mengorientasikan pada pembelajaran yang berkolaborasi dengan lingkungan sekitar. Pembelajaran dengan mengintegrasikan kearifan lokal Kabupaten Blitar dapat menjadikan pembelajaran bermakna. Pembelajaran ini dapat mengarahkan peserta didik untuk mengenal kebudayaan yang ada di lingkungan sekitar siswa. Pengembangan modul berbasis kearifan lokal Kabupaten Blitar bertujuan untuk mengenalkan kepada peserta didik SD bahwa Blitar memiliki kebudayaan yang patut dibanggakan dengan ciri khasnya. Guru perlu mengintegrasikan pembelajaran dengan lingkungan sekitar peserta didik dengan materi IPAS BAB 6 Topik A Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku agar peserta didik dapat mengenal kearifan lokal yang ada di lingkungan sekitar peserta didik. Pembelajaran di kelas pada materi tersebut belum berbasis kearifan lokal sekitar peserta didik. Hal tersebut berdasarkan dengan hasil wawancara bersama guru kelas IV yang mengatakan bahwa guru dalam pembelajaran belum menggunakan bahan ajar modul pembelajaran berbasis kearifan lokal daerah setempat, guru tidak mengembangkan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal, rendahnya pemahaman peserta didik terhadap kearifan lokal Kabupaten Blitar, modul berbasis kearifan lokal Kabupaten Blitar belum pernah digunakan di SDN Bumirejo 01 dan SDN Ngembul 04. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan adanya pengembangan modul pembelajaran yang valid, efektif, dan praktis memudahkan pembelajaran karena bahan ajar ini dikembangkan secara inovatif dengan menggunakan software Canva sehingga meningkatkan efektifitas pembelajaran dan memuat materi kearifan lokal Kabupaten Blitar. Tujuan penelitian yaitu menghasilkan bahan ajar modul pembelajaran berbasis kearifan lokal Kabupaten Blitar pada IPAS BAB 6 Topik A Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku untuk kelas IV di SDN Bumirejo 01 Blitar yang valid, efektif, dan praktis terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 8 tahapan yaitu: 1) penelitian pendahuluan; 2) perencanaan dan pengembangan; 3) pengembangan desain produk awal; 4) validasi desain produk; 5) revisi produk awal; 6) uji coba penggunaan; 7) revisi produk pengembangan; 8) uji coba keefektifan produk. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, angket respons peserta didik,tes hasil belajar, dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pengembangan modul berbasis kearifan lokal Kabupaten Blitar memiliki kategori sangat valid dengan interpretasi 87,2 (dari skala 100). Keefektifan modul dengan nilai bahwa thitung lebih besar daripada bahwa ttabel (11,186 > 1,708) dan memiliki kategori 69,98% dengan keefektifan tinggi. Kepraktisan modul dengan rata-rata nilai hasil perhitungan angket 92,16% (dari skala 100%) sangat praktis. Berdasarkan hasil pengembangan modul berbasis kearifan lokal Kabupaten Blitar, dapat disimpulkan bahwa modul berbasis kearifan lokal Kabupaten Blitar sangat layak, efektif, dan sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Adapun saran yang diberikan, pembelajaran menggunakan modul berbasis kearifan lokal Kabupaten Blitar membantu peserta didik dalam mempelajari materi Indonesiaku Kaya Budaya Topik A Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku tentang kearifan loka. Guru dapat mengoptimalkan penggunaan modul berbasis kearifan lokal Kabupaten Blitar pada materi kelas IV sebagai pedoman pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai refrensi untuk pengembangan produk berbasis kearifan lokal Kabupaten Blitar. | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd. DPA: Rizki Putri Wardani, M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | en | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal | en_US |
dc.subject | Kabupaten Blitar | en_US |
dc.subject | SDN Bumirejo 01 Blitar | en_US |
dc.title | Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Blitar Pada IPAS BAB 6 Topik A Keunikan Kebiasaan Masyarakat di Sekitarku untuk Kelas IV di SDN Bumirejo 01 Blitar | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Rizki Putri Wardani, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_Februari 2025 | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi_Fajar Wijayanti_200210204058_Watermark.pdf Until 2028-02-13 | 4.2 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools