Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125381
Title: Analisis Sentimen Layanan Kereta Api Indonesia di Media Sosial X Menggunakan Inset Lexicon dan Latent Dirichlet Allocation
Authors: MAHARDHIKA, Dicky Fattah Dwi Satria
Keywords: InSet Lexicon
Latent Dirichlet Allocation
Sentimetn Analisys
Kereta Api Indonesia
Issue Date: 5-Jan-2024
Publisher: Ilmu Komputer
Abstract: Sistem transportasi umum Kereta Api Indonesia mengalami penurunan penumpang sejak dimulainya pandemi Covid-19. Berbagai langkah pemerintah, seperti lockdown dan penangguhan sementara transportasi umum, telah diterapkan. Setelah vaksin tersedia, pembatasan jarak diterapkan, dan transportasi umum mulai beroperasi, meskipun dengan regulasi khusus. Namun, perbandingan penumpang kereta api dari tahun 2020 hingga 2023 tidak sebesar tahun 2019. Dengan memanfaatkan data Twitter, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis opini publik tentang transportasi kereta api Indonesia menggunakan analisis sentimen dengan InSet Lexicon, mengklasifikasikan pendapat publik sebagai positif, negatif, atau netral. Dataset, yang diperoleh dengan kata kunci "fasilitas kursi kereta," "harga tiket kereta," "ac kereta," "toilet kereta," terdiri dari 11.629 twit. Pra-pemrosesan dilakukan untuk mempersiapkan dataset, diikuti oleh KMeans Clustering untuk mengelompokkan twit serupa menjadi kluster. Hasilnya menghasilkan 7 kluster. Selanjutnya, pemodelan topik diterapkan menggunakan metode Latent Dirichlet Allocation (LDA) pada setiap kluster, mengungkap topik tersembunyi dalam data. Tujuh kluster terbentuk dari dataset penelitian, dan pemodelan topik LDA serta klasifikasi sentimen diterapkan pada masing-masing kluster, mengungkapkan beragam topik yang sering dibahas. Topik dominan melibatkan tiket, kursi, ekonomi, kereta, tegak, kelas, fasilitas, dan toilet. Setiap kluster secara dominan menunjukkan sentimen positif, disertai dengan berbagai kritik dan saran dari twit individu. Analisis ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas layanan Kereta Api Indonesia di masa depan.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 17 Februari 2025_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125381
Appears in Collections:UT-Faculty of Computer Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Jurnal_Unej_Dicky Fattah_182410101088.pdf
  Until 2029-02-07
Dicky Fattah_1824101010881.55 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools