Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125263
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | NURHIDAYAH, Anis | |
dc.date.accessioned | 2025-02-11T02:05:38Z | |
dc.date.available | 2025-02-11T02:05:38Z | |
dc.date.issued | 2024-06-26 | |
dc.identifier.nim | 190210101134 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125263 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 11 Februari 2025_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa Big Five personality memiliki pengaruh besar terhadap berpikir kritis serta kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan berpikir kritis siswa kepribadian big five di SMA Negeri Tamanan dalam memecahkan masalah program linear. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu angket, tes dan wawancara dan dilakukan dengan melibatkan 5 orang subjek yang dipilih dari 22 orang calon subjek. Hasil penelitian yang didapat lalu dianalisis secara kualitatif serta diuji keabsahannya menggunakan member check. Hasil penelitian siswa ekstraversion menjawab semua indikator berpikir kritis, siswa agreeableness menyelesiakan soal dengan benar namun lemah menjelaskan masalah dan komponen penting. Siswa openess hanya mampu mengidentifikasi informasi soal namun hasil kurang tepat serta lemah menyebut komponen penting, alasan memilih variabel keputusan dan metode, siswa neuroticism hanya mampu mengidentifikasi bagian diketahui dan ditanya serta lemah saat menceritakan kembali, menjelaskan maksud dan alasan memilih variabel keputusan maupun hubungan dengan pertanyaan serta metode, siswa conscientiousness tidak mampu menyelesaikan soal, serta hanya mampu menceritakan masalah, menjelaskan pengaruh varibael keputusan dengan bagian diketahui dan kesesuaian hasil. Maka guru harus memperhatikan kekuatan dan kelemahan masing-masing siswa tipe kepribadian berbeda dalam mengelola pembelajaran sehingga masalah akan teratasi. | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Dr. Nurcholif Diah Sri Lerstari, S.Pd., M.Pd. DPA: Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Berpikir Kritis | en_US |
dc.subject | Program Linear | en_US |
dc.subject | Kepribadian Big Five | en_US |
dc.title | Kepribadian Big Five Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Program Linear ditinjau dari Teori Kepribadian Big Five | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Matematika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Nurcholif Diah Sri Lestari, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Hasyim | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI ANIS NURHIDAYAH_UNEJ.pdf Until 2028-07-16 | 4.06 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools