Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125263
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNURHIDAYAH, Anis
dc.date.accessioned2025-02-11T02:05:38Z
dc.date.available2025-02-11T02:05:38Z
dc.date.issued2024-06-26
dc.identifier.nim190210101134en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125263
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 11 Februari 2025_Kurnadien_US
dc.description.abstractTerdapat penelitian yang menyatakan bahwa Big Five personality memiliki pengaruh besar terhadap berpikir kritis serta kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan berpikir kritis siswa kepribadian big five di SMA Negeri Tamanan dalam memecahkan masalah program linear. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu angket, tes dan wawancara dan dilakukan dengan melibatkan 5 orang subjek yang dipilih dari 22 orang calon subjek. Hasil penelitian yang didapat lalu dianalisis secara kualitatif serta diuji keabsahannya menggunakan member check. Hasil penelitian siswa ekstraversion menjawab semua indikator berpikir kritis, siswa agreeableness menyelesiakan soal dengan benar namun lemah menjelaskan masalah dan komponen penting. Siswa openess hanya mampu mengidentifikasi informasi soal namun hasil kurang tepat serta lemah menyebut komponen penting, alasan memilih variabel keputusan dan metode, siswa neuroticism hanya mampu mengidentifikasi bagian diketahui dan ditanya serta lemah saat menceritakan kembali, menjelaskan maksud dan alasan memilih variabel keputusan maupun hubungan dengan pertanyaan serta metode, siswa conscientiousness tidak mampu menyelesaikan soal, serta hanya mampu menceritakan masalah, menjelaskan pengaruh varibael keputusan dengan bagian diketahui dan kesesuaian hasil. Maka guru harus memperhatikan kekuatan dan kelemahan masing-masing siswa tipe kepribadian berbeda dalam mengelola pembelajaran sehingga masalah akan teratasi.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr. Nurcholif Diah Sri Lerstari, S.Pd., M.Pd. DPA: Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectBerpikir Kritisen_US
dc.subjectProgram Linearen_US
dc.subjectKepribadian Big Fiveen_US
dc.titleKepribadian Big Five Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Program Linear ditinjau dari Teori Kepribadian Big Fiveen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nurcholif Diah Sri Lestari, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Randi Pratama Murtikusuma, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorHasyimen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ANIS NURHIDAYAH_UNEJ.pdf
  Until 2028-07-16
4.06 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools