Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125134
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWIDODO, Sudi-
dc.date.accessioned2025-01-29T09:53:13Z-
dc.date.available2025-01-29T09:53:13Z-
dc.date.issued2023-01-31-
dc.identifier.nim181910701001en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125134-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 29 Januari 2025en_US
dc.description.abstractPuger merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Jember dengan sistem perekonomiannya mengandalkan sektor perairan, yang mana memiliki potensi tangkap lestari sumberdaya hanyati ikan. Kecamatan Puger juga terkenal dengan pantai dan penghasil ikan terbesar di Kabupaten Jember. Oleh sebab itu di pantai Puger membutuhkan kapal nelayan yang banyak serta memiliki perfoma yang sesuai dengan perairan laut selatan. Pantai Puger memiliki arus laut begitu pun gelombang yang cukup tinggi dikarenakan dekat dengan samudra. Kapal jukung adalah kapal yang banyak digunakan oleh masyarakat pesisir untuk mencari tangkap ikan. Pada dasarnya sudah banyak kapal jukung yang dibuat atau diproduksi dan dipergunakan oleh nelayan setempat, yang tidak menggunakan teori/ilmu perkapalan. Pembangunan kapal nelayan tidak menggunakan gambar desain kapal seperti general arrangement, lines plan, midship section, dan construction. Hal itu tentunya bisa berakibat tidak tercapainya sasaran optimasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada. Cadik kapal memiliki peran penting pada kapal nelayan ketika berlayar. Cadik kapal ditempatkan di bagian samping lambung kapal. karena itu, cadik kapal harus diperhitungkan dengan matang agar mengetahui nilai stabilitasnya. Berdasarkan hal hal tersebut, penulis mencoba memodifikasi desain kapal ikan dengan memvariasikan pemasangan panjang lengan cadik dan panjang cadik kapal jukung karena, untuk mengetahui batas minimum jarak panjang lengan cadik yang dipakai kapal jukung. Penelitian dengan judul “Analisis Stabilitas Kapal Jukung dengan Pengaruh Jarak Lengan dan Panjang Cadik di Perairan Puger” ini, melakukan perbandingan terdapat nilai stabilitas kapal ikan di puger dengan pengaruh variasi jarak lengan dan panjang cadik terhadap stabilitas kapal jukung. Diharapkan hasil penelitian dapat memberikan informasi dan rekomendasi desain mengenai pengaruh lengan dan panjang cadik untuk menstabilkan kapal nelayan puger. Stabilitas kapal jukung di daerah perairan puger yang dianalisis menggunakan Software dengan data existing, dalam criteria IMO nilai Actual yang didapatkan Sudah memenuhi diatas nilai Required. Stabilitas kapal jukung di daerah perairan puger yang dianalisis terhadap pengaruh variasi jarak lengan 1 m dan panjang cadik 7 m, tidak memenuhi standar stabilitas menurut IMO (International Maritime Organization) berstatus Fail, memiliki sabilitas negatife. Variasi jarak lengan 1.5 m dan 2 m telah memenuhi standar stabilitas menurut IMO (International Maritime Organization), dalam criteria IMO sudah berstatus Pass, memiliki stabilitas positif. Stabilitas kapal jukung di daerah pantai puger yang dianalisis terhadap pengaruh variasi panjang cadik 8 m, 9 m, 10 m dan panjang lengan 2.5 m telah memenuhi standar stabilitas menurut IMO (International Maritime Organization) bersetatus pass, memiliki stabilitas positif karena semakin panjang lengan semakin optimal stabilitas kapalnya. Stabilitas kapal jukung di daerah pantai puger yang dianalisis variasi jarak lengan 1 m dan panjang cadik 8 m, 9 m, 10 m tidak memenuhi standar stabilitas menurut IMO (International Maritime Organization) berstatus Fail. Variasi jarak lengan 1.5 m dan panjang cadik 8 m, 9 m, 10 m, telah memenuhi standar stabilitas menurut IMO (International Maritime Organization). Variasi jarak lengan 2 m dan panjang cadik 8 m, 9 m, 10 m, telah memenuhi standar stabilitas menurut IMO (International Maritime Organization). Hasil perbandingan antara variasi lengan 1 m, 1.5 m, dan 2 m yang direkomendasikan dipakai kapal jukung adalah variasi 1.5 m dan 2 m. Jadi, pada penelitian ini mencari berapa jarak lengan yang paling minimum dari center line pada variasi yang masih stabil pada kapal yaitu yang terpilih variasi 1.5 m dan panjang cadik 8 m, yang masih memiliki stabilitas positif.en_US
dc.description.sponsorshipHery indri dwi puspita, S. Si., M. T Wazirotus sakinah, S. Pd., M. Ten_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas tekniken_US
dc.subjectCADIKen_US
dc.subjectJUKUNGen_US
dc.subjectSTABILITASen_US
dc.titleAnalisis Stabilitas Kapal Jukung dengan Pengaruh Jarak Lengan dan Panjang Cadik di Perairan Puger Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiTeknik konstruksi perkapalanen_US
dc.identifier.pembimbing1Hery indri dwi puspita, S. Si., M. Ten_US
dc.identifier.pembimbing2Wazirotus sakinah, S. Pd., M. T.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
18793.pdf
  Until 2029-01-29
1.66 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools