Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125122
Title: Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Hotel Dafam Fortuna Jember
Authors: SYARZANAN, Ali Akbar
Keywords: KEPUASAN KERJA
KINERJA KARYAWAN
HOTEL DAFAM FORTUNA JEMBER
Issue Date: 6-Sep-2023
Publisher: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract: Hotel memberikan pelayanan kepada para tamu, peran sumber daya manusia atau karyawan pada bisnis perhotelan merupakan hal yang sangat penting, hal ini dikarenakan segala aktivitas dilakukan oleh karyawan itu sendiri. Minimnya sumber daya manusia yang professional menjadi salah satu masalah utama yang dihadapi industri perhotelan seperti keterampilan, pengetahuan dan sikap yang kurang baik. Pelayanan prima untuk para tamu hotel tidak hanya berfokus pada penyediaan fasilitas menginap, melainkan juga bagaimana kinerja karyawan dalam melayani para tamu. Kinerja karyawan merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan. Setiap perusahaan mengharapkan karyawannya memiliki kinerja yang baik dalam menjalankan tugas yang di berikan perusahaan. Seorang manajer harus mampu mengetahui tingkat kinerja karyawan dalam menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Peningkatan kinerja karyawan dapat dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya adalah kepuasan kerja. Karyawan yang merasa puas dengan pekerjaannya cenderung lebih mencintai perusahaannya dibandingkan dengan orang yang tidak puas. Karyawan yang memiliki kepuasan kerja, akan cenderung menunjukkan sikap yang menyenangkan terhadap pekerjaan tersebut dan pada akhirnya meningkatkan komitmen mereka terhadap perusahaan. Setiap orang yang bekerja mengharapkan dapat memperoleh kepuasan dari tempat kerjanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis mengetahui dan menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada Hotel Dafam Fortuna Jember. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan Hotel Dafam Fortuna Jember. Sampel yang digunakan sebanyak 56 orang ditentukan dengan teknik sensus sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kepuasan kerja dan kinerja karyawan, Hotel Dafam Fortuna Jember bernilai positif mengindikasikan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan sebesar 79,1% akan mengalami peningkatan. Karyawan Hotel Dafam Fortuna Jember menjawab questioner tentang kepuasan kerja yang terdiri dari psikologi, sosial, fisik dan finansial terutama pada indikator psikologis yang menunjukkan bahwa pekerjaan di Hotel Dafam Jember sudah sesuai dengan keterampilan yang dimiliki oleh karyawan sebesar 46,4%. Kinerja karyawan di ukur dari jumlah mutu pekerja sesuai standar perusahaan dijalankan dengan baik.
Description: Finalisasi oleh Taufik Tgl 29 Januari 2025
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125122
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi ali akbar watermark.pdf
  Until 2030-10-09
2.41 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools