Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125116
Title: Pengaruh Daya Tarik Wisata, Fasilitas Wisata dan Sosial Media Marketing terhadap Kepuasan Wisatawan (Studi: Wisatawan Desa Wisata Kemiren Banyuwangi)
Authors: FAKARI, Rafiqi Dzil
Keywords: MARKETING
MARKETING DIGITAL
DAYA TARIK WISATA
ADAT WISATA KEMIREN
Issue Date: 17-May-2023
Publisher: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract: Pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi penting di Indonesia serta memiliki potensi untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Letak geografis Indonesia dan kekayaan alam yang dimilikinya membuat negara Indonesia mempunyai tempattempat wisata yang menarik, mulai tempat wisata buatan maupun alami. Di kabupaten Banyuwangi terdapat wisata edukasi yaitu Desa Wisata Adat Kemiren, obyek wisata tersebut sering dikunjungi wisatawan yang ingin belajar tentang budaya dan tradisi suku Osing. Wisatawan yang berkunjung akan disuguhkan beberapa pertunjukan budaya dan tradisi suku Osing, selain itu wisatawan juga dijamu dengan beberapa makanan khas dari banyuwangi dan suku Osing. Untuk setiap rombongan wisatawan yang datang pihak pengelola juga mendokumentasikan serta mengunggah melalui media sosial Desa Kemiren yang bertujuan juga untuk memasarkan obyek wisata tersebut melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik wisata, fasilitas wisata dan sosial media marketing terhadap kepuasan wisatawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan explanatory reseach untuk mengetahui hubungan sebab akibat dari variabel daya tarik wisata, fasilitas wisata dan sosial media marketing terhadap kepuasan wisatawan. Untuk teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu non-probability sampling dengan 112 responden dan menggunakan pengujian asumsi klasik. Analisis yang digunakan penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda serta pengujian secara parsial dan simultan. Hasil pengujian hipotesis t parsial menunjukkan daya tarik wisata dan fasilitas wisata berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan wisatawan sedangkan sosial marketing tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan wisatawan. Kemudian pada uji f simultan Daya tarik wisata, fasilitas wisata dan sosial media marketing berpengaruh secara simultan terhadap kepusan wisatawan (studi pada wisatawan Desa Adat Wisata Kemiren Banyuwangi).
Description: validasi_repo_firli_agustus_2023_14; Finalisasi oleh Taufik Tgl 24 Januari 2025
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125116
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
rafi.pdf
  Until 2028-07-06
2.46 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools