Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125039
Title: | Pengembangan LKPD Berbasis Profil Pelajar Pancasila (Dimensi Gotong Royong) Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Unit 5 Untuk Peserta Didik Kelas IV SDN Tegal Besar 04 Jember |
Authors: | MILLAH, Fithrota |
Keywords: | Pengembangan LKPD Profil Pelajar Pancasila Pelajaran Pendidikan Pancasila |
Issue Date: | 25-Oct-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Reformasi kurikulum dilakukan sebagai upaya memperbaiki kualitas pendidikan yang mengalami ketertinggalan akibat pandemi COVID-19. Reformasi kurikulum dilakukan dengan menerapkan Kurikulum Merdeka bagi sebagian sekolah yang sudah siap. Penerapan Kurikulum Merdeka dilaksanakan berdampingan dengan upaya penguatan profil pelajar Pancasila. Berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada guru wali kelas IV SDN Tegal Besar 04 dapat diketahui bahwa bahan ajar yang digunakan kurang menarik. Hal ini dilihat dari tampilan bahan ajar secara fisik, yakni dicetak menggunakan kertas buram dengan tulisan dan gambar berwarna hitam putih saja. Selain itu, diketahui bahwa akibat dari pelaksanaan pendidikan jarak jauh pada masa pandemi ditemukan kurangnya karakter peserta didik, salah satunya karakter gotong royong. Oleh sebab itu, salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan bahan ajar berupa LKPD berbasis profil pelajar Pancasila (dimensi gotong royong). Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah proses pengembangan dan validitas, efektivitas, serta kepraktisan pengembangan LKPD berbasis profil pelajar Pancasila (dimensi gotong royong) mata pelajaran pendidikan Pancasila unit 5 untuk peserta didik kelas IV SDN Tegal Besar 04 Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model Borg and Gall dengan 10 tahapan, akan tetapi yang dilaksanakan hanya 8 tahapan yaitu: (1) tahap potensi dan masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) tahap revisi desain, (6) tahap uji coba produk, (7) tahap revisi produk, dan (8) tahap uji coba pemakaian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, validasi, kuesioner, tes, tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) tahap revisi desain, (6) tahap uji coba produk, (7) tahap revisi produk, dan (8) tahap uji coba pemakaian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, validasi, kuesioner, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yakni, pedoman wawancara, lembar observasi, lembar validasi, lembar angket respons peserta didik, dan instrumen tes berupa post-test. Hasil dari penelitian ini adalah LKPD berbasis profil pelajar Pancasila (dimensi gotong rotong) yang sudah divalidasi oleh tiga validator, yakni dua dosen PGSD Universitas Jember dan 1 guru kelas IV. Hasil validasi dari tiga validator menunjukkan nilai 93,3 yang termasuk dalam kategori sangat layak. Uji efektivitas dilakukan dengan memberikan post-test pada tiap akhir pembelajaran menunjukkan persentase ketuntasan belajar yakni 84,61 yang termasuk dalam kategori sangat efektif. Uji selanjutnya yakni uji kepraktisan diperoleh dari pemberian angket respons peserta didik dan observasi pada pelaksanaan pembelajaran. Hasil perhitungan dari angket respons menunjukkan nilai 93,07 yang termasuk dalam kategori sangat praktis, sedangkan hasil obsevasi menunjukkan bahwa peserta didik sudah cukup dan baik terkait karakter gotong royong yakni kolaborasi, kepedulian, dan berbagi. Pemberian saran penting untuk dilakukan dalam suatu penelitian. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini, diperuntukkan kepada beberapa pihak. Berdasarkan kebermanfaatan produk LKPD yang dikembangkan, saran yang dapat diberikan diantaranya: (1) peserta didik hendaknya menggunakan produk LKPD sebagai sumber belajar untuk menguatkan capaian pembelajaran pendidikan Pancasila Kurikulum Merdeka; (2) guru hendaknya menggunakan produk LKPD sebagai rujukan dan alternatif dalam proses pembelajaran pendidikan Pancasila dalam Kurikulum Merdeka; dan (3) peneliti lain hendaknya menggunakan produk LKPD sebagai sumber rujukan dalam mengembangkan LKPD dengan materi berbeda |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 21 Januari 2025_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125039 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
REPO.pdf Until 2028-01-08 | Fithrota Millah | 5.68 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools