Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125014
Title: Pengembangan Media Komik Edukatif Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Unit 2 Konstitusi dan Norma di Masyarakat Kelas IV SDN 4 Sukorejo Banyuwangi
Authors: ROMZAMILA, Ivana Hery
Keywords: Media Komik Edukatif
Pelajaran Pendidikan Pancasila
Issue Date: 8-Nov-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pendidikan Pancasila merupakan mata pelajaran yang termasuk dalam Kurikulum Merdeka. Tujuan pembelajaran Pendidikan Pancasila di SD yaitu untuk menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, memperkuat moral, perilaku, serta sikap peserta didik, dan memberikan pengetahuan serta keterampilan dasar mengenai hubungan baik antara warga negara Indonesia yang berpancasila dengan warga negara lain serta sesama warga negara Indonesia. Hasil wawancara dan observasi pembelajaran juga menunjukkan bahwa proses pembelajaran di kelas IV SDN 4 Sukorejo Banyuwangi menghadapi kendala berupa kurangnya media pembelajaran yang variasi dalam proses pembelajaran. Keterbatasan teknologi dan infrastuktur menyebabkan sekolah tidak mampu memanfaatkan media pembelajaran berbasis digital sehingga penggunaan media pembelajaran sebatas buku teks, selain itu metode pembelajaran yang didominasi ceramah dan penjelasan satu arah membuat suasana kelas cenderung monoton, sehingga peserta didik kurang aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yakni, mengetahui proses pengembangan media komik edukatif mata pelajaran Pendidikan Pancasila unit 2 konstitusi dan norma di masyarakat kelas IV SDN 4 Sukorejo Banyuwangi serta kevalidan, keefektifan, dan kepraktisannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model Borg and Gall terdiri dari 10 tahapan penelitian, namun pada pelaksanaannya hanya pada tahap kedelapan. Kedelapan tahap yang dilakukan yaitu penelitian pendahuluan, perencanaan dan pengembangan, pengembangan desain produk awal, validasi desain produk, revisi desain produk awal, uji coba penggunaan produk, revisi produk pengembangan, dan uji coba keefektifan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 4 Sukorejo Banyuwangi pada semester ganjil tahun ajaran 2024/ 2025 dengan subjek penelitian kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol. Metode dan instrumen yang digunakan yakni, wawancara, observasi, tes, angket, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu validasi ahli, uji validitas empirik, uji reliabilitas, uji t, uji keefektifan relatif serta analisis data respons peserta didik. Pengembangan produk media komik edukatif mata pelajaran Pendidikan Pancasila unit 2 konstitusi dan norma di masyarakat kelas IV SDN 4 Sukorejo Banyuwangi menghasilkan produk yang valid, efektif dan praktis. Hasil validasi ahli menunjukkan skor sebesar 87,66% dengan kategori sangat layak. Hasil uji keefektifan sebesar 70,12% dengan kategori keefektifan tinggi. Hasil uji kepraktisan menunjukkan skor sebesar 90,15% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, saran yang dapat diberikan yakni, sebaiknya media pembelajaran komik edukatif dapat diinovasikan lagi, terutama dengan mengembangkan komik pada materi yang lebih luas. Uji keefektifan juga sebaiknya tidak hanya mengukur ranah kognitif, tetapi juga aspek afektif dan psikomotorik. Selain itu, produk ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan daya tarik dan efektivitas media pembelajaran.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125014
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2029-12-16
5.32 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools