Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125011
Title: | Pengembangan E-modul Berbasis Budaya Maritim Kabupaten Situbondo pada Mata Pelajaran IPAS Bab 6 Kelas IV SDN 1 Asembagus |
Authors: | MEI P, Ahmad Rudi |
Keywords: | Pengembangan E-modul Budaya Maritim Mata Pelajaran IPAS |
Issue Date: | 21-Dec-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Pembelajaran adalah suatu proses interaksi yang melibatkan semua komponen pembelajaran, seperti guru, siswa, bahan ajar, materi ajar, serta media pembelajaran, sehingga siswa dapat menerima dan menyerap informasi baru. Semua komponen pembelajaran berperan penting ketika pembelajaran itu berlangsung. E-modul merupakan sebuah bentuk inovasi bahan ajar pada pembelajaran abad 21 yang harus bisa menguasai bidang ilmu teknologi guna menunjang pembelajaran siswa. Pengembangan E-modul ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa. E-modul yang dikembangkan ini, diberikan integrasi budaya maritim Situbondo. Di era abad 21 saat ini, penting bagi siswa untuk mengetahui kearifan lokal, khususnya budaya maritim di lingkungan sekitar sekolah. Selain itu, budaya maritim yang diintegrasikan dalam bahan ajar juga akan berdampak pada sekolah yang notabene sekolah wajib menggelar kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila minimal dua tema setiap tahunnya. Hal tersebut yang menjadikan landasan budaya maritim ini diintegrasikan dalam bahan ajar pembelajaran siswa. Hasil wawancara dengan guru kelas IV menunjukkan bahwa guru masih menggunakan bahan ajar yang disediakan oleh sekolah , yaitu berupa LKS/LKPD dan buku paket. bahkan kadang-kadang menggunakan power-point. Selain itu motivasi dan semangat siswa dalam belajar siswa masih kurang atau rendah. Hal tersebut menyebabkan nilai yang didapatkan siswa masih cukup banyak yang belum mencapai kriteria ketuntasan tujuan pembelajaran yang diinginkan. Guru kelas juga masih minim penguasaan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi yang ada seperti mendesain di aplikasi canva, yang menyebabkan mereka menghadapi tantangan dalam menciptakan pembelajaran yang diinginkan. Guru memperkenalkan budaya martim Kabupaten Situbondo hanya melalui kegiatan pawai budaya dan melalui cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan Emodul berbasis budaya maritim Situbondo pada mata pelajaran IPAS bab 6 kelas IV SDN 1 Asembagus. Tujuan penelitian lainnya yaitu untuk menguji kevalidan, keefektifan serta kepraktisan pengembangan E-modul berbasis budaya maritim Situbondo pada mata pelajaran IPAS bab 6 kelas IV SDN 1 Asembagus. Penelitian ini menggunakan jenis pengembangan R&D oleh Borg and Gall yang melalui delapan tahapan. Tahapan penelitian tersebut mencakup: (1) penelitian pendahuluan; (2) perencanaan dan pengembangan; (3) pengembangan desain produk awal; (4) validasi desain produk; (5) revisi produk awal; (6) uji coba penggunaan; (7) revisi produk pengembangan; dan (8) uji coba keefektifan produk. Berdasarkan hasil dari peelitian pengembangan yang dilakukan, didapatkan kesimpulan bahwa E-modul berbasis budaya maritim Kabupaten Situbondo dinyatakan valid, efektif, dan praktis untuk digunakan. Saran dari penelitian ini bagi siswa sebaiknya E-modul dimanfaatkan sebaik mungkin untuk belajar di sekolah maupun di rumah. Bagi guru, bahan ajar E-modul yang telah dikembangkan dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar tambahan untuk siswa kelas IV di setiap tahunnya. Kemudian bagi kepala sekolah, hendaknya dapat mendukung guru dalam mengembangkan bahan ajar yang inovatif. Serta bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat digunakan untuk referensi mengembangkan bahan ajar E-modul dalam penelitian selanjutnya. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/125011 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Repository Skripsi Ahmad Rudi Mei P.pdf Until 2030-01-07 | 2.03 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools