Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124686
Title: | Keperawatan pada Peternak dengan Defisit Pengetahuan yang Mendapatkan Edukasi PHBS di Area Peternakan |
Authors: | HAMZAH, Iqbal Maulana |
Keywords: | Edukasi PHBS Perilaku Hidup Sehat Peternak |
Issue Date: | 20-Jun-2024 |
Publisher: | Fakultas Keperawatan |
Abstract: | Defisit pengetahuan pada perilaku hidup sehat terjadi karena ketidakpahaman atau kurangnya informasi yang dimiliki individu, tentang praktik-praktik yang diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan. Intervensi yang diberikan yaitu edukasi pola perilaku kebersihan dalam buku standar intervensi keperawatan Indonesia dengan terapi nonfarmakologi yaitu terapi edukasi. Data dikumpulkan dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil ditulis dalam bentuk catatan lapangan kemudian disalin dalam bentuk catatan terstruktur. Tujuan studi kasus ini yaitu untuk medeskripsikan perubahan perilaku hidup bersih dan sehat pada peternak dengan defisit pengetahuan yang mendapatkan edukasi. Implementasi dilakukan sesuai dengan intervensi yang telah disusun berdasarkan SIKI. Hasil setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 7x35 menit yaitu adanya perubahan tingkat pengetahuan, yang awalnya tidak faham mencuci tangan setelah beraktivitas atau membuang kotoran sapi menjadi faham mencuci tangan dengan benar dan tidak membuang kotoran sapi sembarangan, sehingga edukasi ini efektif untuk meningkatkan perubahan perilaku hidup bersih dan sehat pada peternak yang mengalami defisit pengetahuan. |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 17 Desember 2024_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124686 |
Appears in Collections: | Diploma Programme - Nursing |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
KTI KELURUHAN PHBS IQBAL CD.pdf Until 2028-10-03 | 2.75 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.