Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/12464
Title: ANALISIS TINGKAT KOGNITIF TES KOMPETENSI PADA BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) MATEMATIKA SMP/MTs KELAS IX BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM
Authors: ABDUL HAMID NASRULLOH
Keywords: Kognitif Tes Kompetensi, Buku Sekolah Elektronik (BSE), Matematika
Issue Date: 24-Dec-2013
Series/Report no.: 060210101336;
Abstract: Sumber data dalam penelitian ini adalah Buku Sekolah Elektronik (BSE) SMP kelas IX, berjudul Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan Untuk Kelas IX SMP/ MTs, diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional pada tahun 2008 dan disusun oleh Wahyudin Djumanta dan Dwi Susanti. Penelitian dimulai dengan viii mengumpulkan soal tes kompetensi yang terdapat dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs kelas IX, kemudian mengklasifikasikan soal menurut tingkat kognitif sesuai dengan Taksonomi Bloom, menentukan persentase masingmasing tingkat kognitif soal, mengkaji hasil dari semua data yang diperoleh, dan menarik kesimpulan. Analisa data yang digunakan merupakan analisa deskriptif. Data yang terkumpul dalam penelitian deskriptif dapat diklasifikasikan menjadi data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dapat dijabarkan dengan kalimat yang dipisahkan menurut kategori untuk menarik kesimpulan. Data kuantitatif berupa hasil perhitungan melalui proses untuk mendapatkan persentase. Berdasarkan hasil penelitian Buku Sekolah Elektronik (BSE) SMP kelas IX, berjudul Belajar Matematika Aktif dan Menyenangkan untuk Kelas IX SMP/ MTs, diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional pada tahun 2008 diperoleh informasi tentang jumlah soal Tes Kompetensi adalah 180 soal, namun terdapat 10 soal yang tidak jelas atau tidak sesuai dengan pokok bahasan, sehingga jumlah soal yang dianalisis sebanyak 170 soal. Dari hasil analisis diperoleh persentase tingkat kognitif Tes Kompetensi berdasarkan Taksonomi Bloom pada buku tersebut adalah adalah 22,9% aspek pengetahuan (C1); 50,6% aspek pemahaman (C2); 16,5% aspek aplikasi (C3); 8,9% aspek analisis (C4); 1,1% aspek sintesis (C5); dan 0% evaluasi (C6).
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12464
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi_1.pdf810.17 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools