Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124627
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAYUNDA, Tika Tri-
dc.date.accessioned2024-11-27T08:42:34Z-
dc.date.available2024-11-27T08:42:34Z-
dc.date.issued2024-05-14-
dc.identifier.nim200210103084en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124627-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 27 November 2024en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMA pada topik ekosistem dan untuk mengetahui persepsi siswa mengenai model Problem-Based Learning (PBL) berbasis STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMA. Topik ekosistem merupakan salah satu topik yang sering terjadi kesalahpahaman mengenai konsep biologi. Selain itu, rendahnya kemampuan pemecahan masalah mahasiswa yaitu hanya 46% menjadi latar belakang penelitian ini. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 73 siswa dari kelas X4 dan X5 di SMA Negeri Pakusari. Penelitian dilakukan dengan lima langkah pembelajaran, yaitu orientasi siswa mengenai masalah, pengorganisasian siswa untuk belajar, membantu penyelidikan mandiri dan kelompok, mempresentasikan hasil, serta menganalisis & mengevaluasi pemecahan masalah. Pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, yaitu post-test dan angket. Kemampuan pemecahan masalah dianalisis menggunakan dua tes, yaitu uji t Sampel Independen dan uji ukuran Efek menggunakan Cohen's d. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berbasis STEM berpengaruh signifikan (ρ<0,000 dan t=-8,908) serta berdampak besar (d=2,119) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Distribusi frekuensi persepsi siswa menunjukkan bahwa sebagian besar siswa setuju dengan kegiatan pembelajaran menggunakan model PBL berbasis STEM. Oleh karena itu, model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berbasis STEM memiliki dampak besar pada kemampuan pemecahan masalah siswa serta frekuensi persepsi siswa yang baik terhadap model tersebut.en_US
dc.description.sponsorshipBevo Wahono, S.Pd., M.Pd., Ph.D Prof. Erlia Narulita, S.Pd., M.Si., Ph.Den_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectSTEMen_US
dc.subjectEKOSISTEMen_US
dc.subjectPERSEPSIen_US
dc.subjectPROBLEM SOLVINGen_US
dc.subjectPROBLEM-BASED LEARNINGen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis STEM pada Topik Ekosistem Terhadap Kemampuan Problem Solving dan Persepsi Siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Biologien_US
dc.identifier.pembimbing1Bevo Wahono, S.Pd., M.Pd., Ph.Den_US
dc.identifier.pembimbing2Prof. Erlia Narulita, S.Pd., M.Si., Ph.Den_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Oktober_2024en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
200210103084_Tika Tri Ayunda_Skripsi.pdf
  Until 2029-05-28
788.6 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools