Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124594
Title: Implementasi Program Layanan Kependudukan Dekat di Desa (Kendedes) dalam Pelayanan E-KTP di Desa Sumberejo Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo
Authors: HASAN, Saiful
Keywords: Pelayanan e-KTP
Layanan Kependudukan
Kabupaten Situbondo
Issue Date: 13-Sep-2024
Publisher: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi layanan Kependudukan Dekat di Desa atau Kendedes dalam pelayanan e-KTP di Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Ada beberapa alasan layanan ini diciptakan, seperti faktor geografis yang mana jarak antara kantor Dispendukcapil Kabupaten Situbondo dengan desa daerak pelosok cukup jauh. Dikarenakan jarak yang jauh, otomatis biaya yang dikeluarkan untuk transportasi cukup mahal, serta dokumen yang diurus masih diproses terlebih dahulu dan tidak segera dicetak, sehingga masyarakat harus kembali lagi ke kantor Dispedukcapil dan mengeluarkan biaya lagi. Selain itu, adanya perjanjian antara Kepala Dinas dengan Ditjen Dukcapil Kemendagri yang memerintahkan untuk melaksanakan pelayanan adminduk di desa juga menjadi alasan diciptakannya layanan Kendedes. Dengan permasalahan yang terjadi tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Situbondo berusaha mengatasinya dengan menciptakan sebuah inovasi layanan yang bernama Kendedes atau layanan Kependudukan Dekat di Desa. Layanan Kendedes mulai diterapkan di seluruh desa dan kelurahan pada Maret 2023. Layanan ini merupakan sebuah bentuk kerjasama antara Dispendukcapil Kabupaten Situbondo dengan pemerintah desa dan kelurahan di Kabupaten Situbondo untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen administrasi kependudukan. Dengan adanya layanan ini, diharapkan dapat memberikan kembudahan bagi masyarakat dalam mengurus dokumen administrasi kependudukan. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah model implementasi kebijakan oleh George Edward III (1980) dan teori kinerja implementasi kebijakan oleh Ripley dan Franklin (1986). Pendekatan penelitian dalam menganalisis kebijakan implementasi layanan Kendedes ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif melalui teknik wawancara, observasi dokumentasi. Kemudian untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi dalam uji validitas data. Dalam penelitian ini, peneliti juga menggunakan teknik analisis data model interaktif menurut Miles, Huberman, dan Sandala (2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi layanan Kependudukan Dekat di Desa (Kendedes) dalam pelayanan e-KTP di Desa Sumberejo Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo jika dianalisis menggunakan model implementasi kebijakan menurut George Edward III (1980) sudah cukup baik, baik dari variabel komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi yang dibuktikan dari hasil penelitian dan analisis. Pertama dari variabel komunikasi telah dilaksanakan cukup baik, hal ini dapat dilihat dari pihak Dispendukcapil selaku pembuat layanan telah melakukan komunikasi dengan seluruh pihak desa dan kecamatan terkait implementasi layanan Kendedes supaya tidak ada keasalahan dalam informasi layanan, kemudian membuat grup whatsapp dan melakukan evaluasi dengan cara terjun langsung ke setiap desa dan kelurahan, serta pihak desa yang telah melaksanakan layanan Kendedes menggunakan media sosial untuk mensosialisasikan adanya layanan Kendedes di desa. Selanjutnya, variabel sumber daya dalam implementasi layanan ini sudah cukup baik, dibuktikan dengan adanya sarana dan prasarana yang memadai untuk melakukan pelayanan seperti komputer, alat perekaman, printer dan scanner, dan ruang pelayanan. Selain itu, sumber daya manusia dalam layanan Kendedes dipilih sesuai dengan kemampuannya dalam mengelola data adminduk dan melakukan pelayanan adminduk di desa. Kemudian, variabel disposisi atau sikap pelakasana kebijakan juga sudah cukup baik, dibuktikan dari hasil wawancara dari masyarakat yang mengatakan bahwa Pembantu Petugas Registrasi di Desa Sumberejo yang melakukan pelayanan memiliki sikap yang ramah, cepat dalam memberikan pelayanan. Terakhir dari variabel struktur birokrasi juga sudah baik karena memiliki SOP yang jelas yang diterbitkan langsung oleh pihak Dispendukcapil. Namun, implementasi layanan Kendedes masih terdapat kendala seperti jaringan error, sehingga kedepannya Dispendukcapil harus meningkatkan kualitas jaringan pada aplikasi Kendedes supaya pelayanan dapat berjalan dengan lancar. Meskipun terdapat kendala, secara keseluruhan layanan Kendedes ini telah terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat kepada masyarakat. Hal ini dibuktikan melalui analisis menggunakan teori kinerja implementasi kebijakan oleh Ripley dan Franklin (1986) yang didasarkan dari tiga aspek. Pertama, tingkat kepatuhan birokrasi terhadap birokrasi diatasnya, dalam implementasi layanan kendedes aspek ini sudah cukup baik, dibuktikan dari Pembantu Petugas Registrasi menjalankan pelayanan sesuai SOP kepada Petugas Registrasi di kantor Dispendukcapil, serta rutin mengirimkan laporan pelayanan harian dan bulanan. Kedua, adanya kelancara rutinitas dan tidak ada masalah, dalam implementasi layanan Kendedes di Desa Sumberejo sudah terbilang baik, dibuktikan dari selalu dibuka layanan Kendedes setiap hari kerja, serta rutinnya Pembantu Petugas Registrasi dalam mengirimkan laporan pelayanan. Terakhir, pelaksanaan dan dampak yang dikehendaki dari program terarah, dalam implementasi layanan Kendedes ini sudah cukup baik, dibuktikan dari meningkatnya kinerja administrasi kependudukan dan kepemilikan dokumen adminduk wajib seperti e-KTP terutama di desa Sumberejo.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 19 November 2024_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124594
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Saiful Hasan.pdf
  Until 2028-11-04
2.35 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools