Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124577
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMUHAMMAD, Yusron-
dc.date.accessioned2024-11-18T07:06:04Z-
dc.date.available2024-11-18T07:06:04Z-
dc.date.issued2024-07-24-
dc.identifier.nim170210101105en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124577-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 18 November 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractMatematika adalah ilmu eksak yang menjadi dasar bagi ilmu pengetahuan lainnya berupa pola dari struktuk, perubahan, dan ruang. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran penting di sekolah karena dapat meningkatkan pengetahuan siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif. Dalam pembelajaran matematika siswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir logis dan berpikir kemampuan berpikir secara sistematis. Matematika penting dalam kehidupan sehari-hari, maka matematika perlu dipahami dan dikuasai semua lapisan masyarakat. Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah mengembangkan aktivitas kreatif yang melibatkan imajinasi, instuisi dan penemuan, dengan mengembangkan pemikiran divergen, orisinal, rasa ingin tahu, membuat prediksi dan dugaan serta mencobacoba. Dengan berpikir kreatif diharapkan siswa mampu menyelesaikan masalah atau soal dengan berbagai ide atau gagasan yang luas. Penelitian ini dilakukan untuk menyimpulkan tingkat kemampuan berpikir kreatif (TKBK) siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi peluang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2024. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMPN 1 Kencong yang terdiri 35 siswa kemudian dipilih 4 siswa yang memenuhi setiap indikator masing-masing tingkatan berdasarkan poin yang diperoleh pada pengerjaan soal tes. Adapun tahapan pada penelitian ini adalah 1) Pendahuluan yaitu menentukan daerah penelitian, membuat dan mengurus surat perijinan penelitian, observasi pada daerah penelitian dan menentukan subjek beserta jadwal penelitian, 2) Menyusun Instrumen, 3) Uji Validasi, 4) Memberi soal tes berpikir kreatif materi peluang dan wawancara, 5) Analisis Data, 6) Kesimpulan. Berdasarkan analisis data validasi instrumen, didapatkan rerata (Vα) untuk soal tes uraian matematika yaitu 3,7 dan untuk wawancara yaitu 3,7, sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua instrumen tersebut termasuk dalam kategori valid dan dapat dilanjutkan ke tahap selanjutnya. Selanjutnya soal tes uraian materi peluang tersebut diberikan kepada siswa dan dilanjutkan wawancara untuk siswa yang terpilih pada penelitian ini. 20% siswa pada kategori TKBK 0 (Tidak Kreatif), siswa pada tingkat ini hanya dapat memberikan jawaban tetapi tidak memahami permasalahan yang diberikan. Sehingga siswa memberikan jawaban dengan penyelesaian yang kurang tepat. Siswa yang berada pada kategori TKBK 1 (Kurang Kreatif) sebesar 69%, siswa pada tingkat ini sudah bisa memberikan jawaban benar dengan menggunakan metode yang sering digunakan siswa lain. Tidak ada siswa pada kategori TKBK 2 (Cukup Kreatif) dalam menyelesaikan soal peluang karena tidak bisa hanya memunculkan indikator flexibility atau novelty. Dalam menyelesaikan tes soal peluang ini siswa dapat memunculkan indikator fluency dahulu sebelum memunculkan indikator flexibility dan novelty. Siswa yang berada pada kategori TKBK 3 (Kreatif) sebesar 9%, siswa yang dapat memahami permasalahan yang ada pada soal sehingga dapat memberikan jawaban benar dan berbeda-beda. Namun pada tingkat ini tidak ada siswa yang memunculkan indikator novelty hanya dapat memunculkan indikator fluency dan flexibility. Siswa yang dapat memunculkan semua indikator berada pada kategori TKBK 4 (Sangat Kreatif) sebesar 3%, siswa juga dapat menemukan ide-ide baru dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I : Susi Setiawani, S.Si., M.Sc. Dosen Pembimbing II : Lioni Anka Monalisa, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKemampuan Berpikir Kreatifen_US
dc.subjectPembelajaran Matematikaen_US
dc.subjectSoal Cerita Materien_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Peluang Kelas VIIen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Susi Setiawani, S.Si., M.Scen_US
dc.identifier.pembimbing2Lioni Anka Monalisa, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorKacung- 12 November 2024en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Upload Repository_Yusron Muhammad 170210101105.pdf
  Until 2028-11-12
Yusron Muhammad_1702101011051.08 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools