Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124575
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSURYANINGTYAS, Putri Arasy-
dc.date.accessioned2024-11-18T06:46:59Z-
dc.date.available2024-11-18T06:46:59Z-
dc.date.issued2024-05-27-
dc.identifier.nim180110301068en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124575-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 18 November 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractSkripsi ini membahas mengenai keberadaan perusahaan Kediri Stoomtram Maatschappij (KSM) di Kediri, yang beroperasi di bidang jasa angkutan kereta api. Pokok permasalaan yang dikaji dalam skripsi ini adalah latar belakang didirikannya perusahaan KSM, dinamika perusahaan KSM, dan pengaruh yang ditimbulkan dari keberadaan perusahaan KSM terhadap terhadap kehidupan sosial dan pertumbuhan ekonomi Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode sejarah, yang meliputi heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi ekonomi dan teori yang digunakan adalah teori sosiologi industri oleh Soerjono Soekanto. Berdasarkan hasil penelitian, latar belakang didirikannya perusahaan KSM adalah permintaan industri di daerah pedalaman Kediri dalam mengangkut komoditas yang dihasilkan dalam jumlah banyak. Jalur kereta api di Kediri telah ada sejak tahun 1881, dimana jalur tersebut merupakan bagian dari jalur lintas Sidoarjo-Kertosono-Blitar yang dibangun oleh Staatsspoorwegen Oosterlijnen. Sayangnya, kereta api hanya melewati daerah pinggiran Kediri yang diteruskan ke Blitar melalui Tulungagung, sehingga tidak menjangkau daerah pedalaman. KSM tidak luput dari dampak Malaise, yang membuat pendapatannya menurun secara drastis. Belum lepas dari dampak yang ditimbulkan oleh Malaise, pada tahun 1942, Jepang datang dan mengambil alih Hindia Belanda. Selama masa pendudukan Jepang, operasi perkeretaapian KSM di Hindia Belanda terhenti, namun perusahaan pusat di Amsterdam tetap beroperasi. Pasca kemerdekaan Indonesia, KSM bergabung dengan Staatsspoorwegen dalam Verenigd Spoorwegbedrijf hingga KSM dilikuidasi. Keberadaan perusahaan KSM mampu meningkatkan perekonomian di daerah-daerah yang dilalui kereta api. Pengangkutan komoditas hasil industri menjadi lebih lancar dan orang-orang dapat dengan mudah berpindah tempat dengan cepat.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing I Drs. Nurhadi Sasmita, M.Hum. Dosen Pembimbing II Dr. Eko Crys Endrayadi, M.Hum.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Budayaen_US
dc.subjectKabupaten Kedirien_US
dc.subjectPerusahaan Kereta Apien_US
dc.titleKeberadaan Perusahaan Perkeretaapian Kediri Stoomtram Maatschappij di Kediri Tahun 1930-1970en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Sejarahen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Nurhadi Sasmita, M.Humen_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Eko Crys Endrayadi, M.Humen_US
dc.identifier.validatorKacung- 12 November 2024en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge)

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
180110301068.pdf
  Until 2028-11-11
PUTRI ARASY SURYANINGTYAS_ 1801103010681.51 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools