Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124538
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | KHOIRUNNISA, Farah Ayu | - |
dc.date.accessioned | 2024-11-04T08:18:09Z | - |
dc.date.available | 2024-11-04T08:18:09Z | - |
dc.date.issued | 2024-07-16 | - |
dc.identifier.nim | 192410101088 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124538 | - |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 4 November 2024_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Perpustakaan digital memberikan kemudahan pada penggunanya untuk mengakses bacaan atau sumber elektronik tanpa terbatas waktu atau jam operasional tertentu. Salah satu perpustakaan digital di Indonesia yang ada saat ini adalah aplikasi IPUSNAS. Aplikasi IPUSNAS merupakan salah satu perpustakaan digital persembahan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang diluncurkan pada tahun 2016 dan memberikan fasilitas untuk membaca buku digital secara online melalui fitur e-Reader. Dalam penerapannya, aplikasi ini memiliki berbagai respon dan tanggapan dari para pengguna. Berdasarkan ulasan yang terdapat pada play store, pengguna merasakan manfaat dari IPUSNAS karena dapat meminjam dan membaca buku digital secara gratis. Namun, banyak pengguna yang mengeluhkan beberapa permasalahan. Suatu sistem informasi seperti digital library dapat meningkatkan performa, meskipun begitu, penerimaan pengguna dapat menjadi penghambat dalam proses pemanfaatannya. Hal ini mengindikasikan bahwa penerimaan pengguna merupakan hal signifikan yang dapat memengaruhi kesuksesan atau kegagalan suatu perpustakaan digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat berpengaruh pada penerimaan pengguna baru aplikasi IPUSNAS dengan menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM) yang dimodifikasi. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pengambilan data melalui kuesioner yang disebarkan secara online kepada pengguna aplikasi IPUSNAS yang memiliki status badge newbie dan pernah melakukan peminjaman buku melalui aplikasi IPUSNAS, hal ini dikarenakan penelitian akan berfokus pada penerimaan novice user aplikasi IPUSNAS. Pada proses analisis data, penelitian akan menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Berdasarkan hasil penelitian, 12 hipotesis yang diusulkan diterima. System quality dan information quality berpengaruh positif signifikan terhadap perceived ease of use dan perceived usefulness. Computer self-efficacy dan knowledge of search domain berpengaruh positif signifikan terhadap perceived ease of use. Perceived ease of use berpengaruh positif signifikan terhadap perceived usefulness. Perceived ease of use dan perceived usefulness berpengaruh positif signifikan terhadap attitude toward using. Perceived usefulness dan attitude toward using berpengaruh positif signifikan terhadap behavioral intention to use. Behavioral intention to use berpengaruh positif signifikan terhadap actual system use. Nilai SRMR menunjukan bahwa model yang dibuat termasuk dalam acceptable fit | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Komputer | en_US |
dc.subject | Aplikasi IPUSNAS | en_US |
dc.subject | Technology Acceptance Model (TAM) | en_US |
dc.subject | Perpustakaan Digital | en_US |
dc.title | Modifikasi Technology Acceptance Model (TAM) untuk Menganalisis Faktor Penerimaan Pengguna Baru Aplikasi IPUSNAS | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Sistem Informasi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Beny Prasetyo, S.Kom., M.Kom | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Fajrin Nurman Arifin, ST., M.Eng | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_Oktober_2024 | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Computer Science |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
192410101088 Skripsi Repository.pdf Until 2028-10-29 | Farah Ayu Khoirunnisa | 1.11 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools