Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124503
Title: Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Bandeng Presto "Hj.Khusnul" Sidoarjo
Authors: SARI, Yuni Kumala
Keywords: Keputusan Pembelian
Kepuasan Konsumen
Bandeng Presto Hj.Khusnul Sidoarjo
Issue Date: 26-Jul-2023
Publisher: Fakultas Pertanian
Abstract: Bandeng presto memiliki cita rasa yang gurih, berprotein tinggi serta harga yang terjangkau menjadikan banyak digemari oleh semua kalangan. Potensi yang cukup tinggi ini memberikan dampak secara langsung yaitu peningkatan pada sejumlah UMKM di Kabupaten Sidoarjo, yang mengolah bandeng menjadi bahan olahan produk bandeng presto. Permasalahan pada usaha bandeng presto “Hj.Khusnul” adalah banyaknnya jumlah pesaing yang mengakibatkan fluktuasi dalam penjualan bandeng presto. Persaingan yang ketat menyebabkan produsen berinovasi menciptakan hal yang baru dalam upaya menarik konsumen sebanyak-banyaknya agar tertarik dengan produk yang ditawarkan. Bandeng presto milik “Hj.Khusnul” merupakan UMKM yang memiliki banyak peminatnya karena dikenal sebagai salah satu bandeng presto yang terkenal di Kabupaten Sidoarjo. Rasanya yang enak dan gurih, serta harga yang terjangkau membuat bandeng presto “Hj.Khusnul” banyak digandrungi masyarakat khususnya warga Sidoarjo sebagai oleh-oleh Khas Sidoarjo untuk sanak saudara ataupun digunakan untuk acaraacara seperti hajatan dan lainnnya. Permintaan bandeng presto akan meningkat apabila musim hajatan tiba dan banyak kegiatan yang berhubungan dengan Hari Lahir Kota. Meskipun begitu masyarakat tetap memilih UMKM bandeng presto “Hj.Khusnul” sebagai andalan karena sudah lama berdiri sejak tahun 2014 sehingga tidak sedikit konsumen dari berbagai daerah membeli bandeng presto Hj.Khusnul sebagai oleh-oleh khas Sidoarjo. Meski banyak gempuran produk bandeng presto yang bermunculan tetapi bandeng presto “Hj.Khusnul” mampu bertahan. Saat membeli bandeng presto, konsumen mempunyai sikap dan penilaian tertentu guna mengambil keputusan untuk melakukan pembelian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) karakteristik konsumen bandeng presto dalam pembelian bandeng presto Hj.Khusnul di Kabupaten Sidoarjo, (2) proses keputusan pembelian pada bandeng presto “Hj.Khusnul” di Kabupaten Sidoarjo, (3) tingkat kepuasan konsumen bandeng presto “Hj.Khusnul” di Kabupaten Sidoarjo. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakteristik konsumen bandeng presto Hj.Khusnul adalah mayoritas responden berjenis kelamin perempuan, dengan kelompok usia 26 – 35 tahun, dengan tingkat pendapatan sebesar Rp2.000.000 hingga Rp.5.000.000, mayoritas responden adalah ibu rumah tangga, dan sebagian besar responden mempunyai tingkat pendidikan tamat SMA. (2) Berdasarkan hasil penelitian proses keputusan pembelian bandeng presto “Hj.Khusnul” melewati lima tahapan yaitu yang pertama pengenalan kebutuhan, kedua pencarian informasi, ketiga evaluasi alternatif, keempat keputusan pembelian dan yang kelima adalah perilaku pasca-pembelian. (3) Berdasarkan hasil penelitian analisis Customer Satisfaction Index (CSI) terdapat sebelas atribut antara lain harga produk, kesesuaian harga, rasa, daya tahan, kemasan, jumlah media, intensitas promosi, kecepatan pelayanan, pelayanan ramah, lokasi, dan akses diketahui bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap produk bandeng presto Hj.Khusnul sebesar 72.67% yang berarti konsumen puas terhadap kinerja atribut bandeng presto “Hj.Khusnul”.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 30 Oktober 2024_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124503
Appears in Collections:UT-Faculty of Agriculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Naskah Skripsi_Yuni Kumala Sari_161510601013_FIX.pdf
  Until 2028-07-26
1.76 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools