Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124492
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMUNAWAROH, Azizatul-
dc.date.accessioned2024-10-28T06:09:51Z-
dc.date.available2024-10-28T06:09:51Z-
dc.date.issued2024-06-06-
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124492-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 28 Oktober 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractKemandirian sebagai kemampuan untuk mengendalikan diri dalam berpikir dan bertindak, serta tidak bergantung pada orang lain. Pengembangan kemandirian anak oleh guru dapat dilakukan dengan pembiasaan. Pembiasaan merupakan sesuatu yang dilakukan secara sengaja dan berulang-ulang agar pembiasaan itu dapat menjadi kebiasaan. Untuk menjalankan perannya dalam membiasakan perilaku kemandirian pada anak, guru TK ABA 1 Kaliwates Jember menggunakan metode bernyanyi. Peneliti ingin menyelidiki tentang cara guru dalam membentuk perilaku kemandirian pada anak kelompok A melalui metode bernyanyi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah cara guru dalam membentukan perilaku kemandirian pada anak usia 4-5 tahun melalui metode bernyanyi di TK ABA 1 Kaliwates Jember?” Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara guru dalam membentuk perilaku kemandirian pada anak usia 4-5 tahun melalui metode bernyanyi di TK ABA 1 Kaliwates Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif, dimana penelitian ini dilakukan di kelompok A (Bagaskara) TK Aba 1 Kaliwates Jember selama 2 minggu.sumber data yang diperoleh dari informan kunci yaitu anak kelompok A (Bagaskara), sedangkan informan pendukung yaitu pendidik kelompok A (Bagaskara) dan dokumen. Metode pengumpul data dilakukan melalui metode observasi dengan alat bantu chek list dan catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknis analisis data menggunakan teknis analisis model interaktif Miles dan Huberman yaitu melalui empat tahapan yakni proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Dr. Nanik Yuliati, M.Pd. DPA: Reski Yulina Widiastuti, S.Pd.,M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPembentukan Perilaku Kemandirian Anaken_US
dc.subjectMetode Bernyanyien_US
dc.subjectTK ABA 1 Kaliwates Jemberen_US
dc.titlePembentukan Perilaku Kemandirian pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bernyanyi di TK ABA 1 Kaliwates Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Oktober_2024en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc (1).pdf
  Until 2028-06-08
Azizatul Munawaroh709.35 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools