Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124468
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | FADLI, Fikri | |
dc.date.accessioned | 2024-10-23T02:13:57Z | |
dc.date.available | 2024-10-23T02:13:57Z | |
dc.date.issued | 2024-06-27 | |
dc.identifier.nim | 200110401007 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124468 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 22 Oktober 2024_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Carter (2022) merupakan film rilisan yang melalui platfrom Netfllix, platfrom streaming film berbasis langganan berpusat di Los Gatos, California, Amerika Serikat. Film The Carter rilis pada tahun 2022 dan berasal dari Korea Selatan. Film ini menceritakan tentang seorang agen rahasia yang Bernama Carter yang terbangun dari tidurnya dalam kondisi amnesia dan terpaksa menjalanis misi khusus yang mengancam keselamatannya sendiri. Dalam film ini, Carter digambarkan sebagai agen rahasia yang sangat terampil dalam menjalankan pekerjaannya. Cerita dimulai ketika Carter terbangun dalam keadaan amnesia di sebuah kamar hotel, bahkan ia tidak bisa mengingat dirinya sendiri, sebelum akhirnya Carter menerima telepon yang menyatakan bahwa namanya adalah Carter dan ia mempercayai perkataan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknik editing hidden cut dalam membantu membangun suspense dalam film The Carter. Penelitian ini menggunakan teori editing dari buku “Grammar of the Edit Second Edition” oleh Thomson dan Bowen dan menggunakan teori dari Elizabeth Lutters sebagai teori pendukung dari suspense. Film The Carter menarik diteliti karena memberikan visual yang menggunakan long take dari awal hingga akhir film, ditambah film ini memiliki genre action. Adegan action dalam film ini digunakan sebagai acuan dalam mencari scene yang relevan dengan penelitian. Scene yang terpilih dan mencakup hidden editing untuk membantu membangun suspense akan dianalisis menggunakan teori editing oleh Thomson dan Bowen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif kemudian dijelaskan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa penggunaan teknik editing hidden cut dapat membantu membangun suspense dengan panduan teori suspense dari Elizabeth Lutters. Peneliti menemukan beberapa adegan yang diambil menggunakan teknik long take yang digabungkan dengan editing hidden cut memberikan pengaruh kepada visual yang ditampilkan sehingga suspense pada adegan action muncul sebagai salah satu media penghubung emosi kepada penonton. Long take menampilkan seluruh adegan yang dilakukan tokoh dan editing hidden cut membantu menjaga alur sehingga perpindahan gambar tidak terlalu mencolok dimata penonton. Kesan yang diciptakan dalam adegan action terasa lebih nyata dan tidak terpotong oleh perpindahan gambar, hal ini menarik emosi penonton untuk dapat merasakan ketegangan atau suspense yang dialami oleh tokoh. | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Muhammad Zamroni, S.Sn., M.Sn. DPA: Ni Luh Ayu Sukmawati, S.Pd., M.Hum. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Budaya | en_US |
dc.subject | The Carter | en_US |
dc.subject | Teknik Editing Hidden Cut | en_US |
dc.title | Teknik Editing Hidden Cut Dalam Mendukung Suspense Film The Carter | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Program Studi Televisi dan Film | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Muhammad Zamroni, S.Sn., M.Sn. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ni Luh Ayu Sukmawati, S.Pd., M.Hum. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_Agustus_2024 | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Culture (Cultural Knowledge) |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
FIkri Fadli 200110401007WM.pdf Until 2028-07-28 | 917.55 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools