Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124463
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAFRIZA, Dinda Ayu-
dc.date.accessioned2024-10-23T01:40:57Z-
dc.date.available2024-10-23T01:40:57Z-
dc.date.issued2024-07-17-
dc.identifier.nim200210205101en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124463-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 22 Oktober 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractArti penting percaya diri untuk anak PAUD yaitu memotivasi anak untuk meningkatkan kemampuan yang dimilikinya yang menyebabkan semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Berdasarkan pengamatan awal yang berlangsung pada bulan Februari 2023 di TK Tadika Puri Jember, terdapat permasalahan kepercayaan diri pada anak usia 5-6 tahun yang masih belum berkembang dengan baik. Terdapat 6 anak yang masih belum percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya. Dapat dilihat dari anak yang belum percaya diri dengan karyanya, masih belum berani untuk mempresentasikannya di depan kelas, dan juga apabila anak masih belum paham dengan tugas yang diberikan oleh guru, anak lebih memilih diam dan tidak mau bertanya. Dalam hal ini, peneliti ingin menguji pengaruh penerapan metode talking stick terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di TK Tadika Puri Jember. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka adanya rumusan masalah dari penelitian ini dapat dirumuskan antara lain, “Apakah ada pengaruh penerapan metode talking stick terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di TK Tadika Puri Jember?” Penelitian ini menggunakan jenis pola penelitian pra-eksperimental dengan rancangan one group pretest posttest design. Subjek penelitian ini berjumlah 13 anak usia 5-6 tahun di TK Tadika Puri Jember. Penelitian dilaksanakan di TK Tadika Puri Jember Jl. Nusantara VI/D7. Metode dalam pengumpulan data yaitu observasi serta instrumen data dengan ceklis, dan teknis analisis data menggunakan rumus uji-t berpasangan.Hasil penelitian ini menemukan data pretest menunjukkan rata-rata kepercayaan diri anak adalah 51,46 dan setelah mendapatkan perlakuan data posttest menunjukkan rata-rata kepercayaan diri anak adalah sebesar 78,30. Uji-t menemukan nilai signifikansi 0,000 yang berarti < 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan dari pengaruh penerapan metode talking stick terhadap kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di TK Tadika Jember. Saran yang bisa disampaikan dari hasil penelitian ini yaitu guru disarankan menerapkan metode talking stick dalam meningkatkan kepercayaan diri anak karena talking stick digunakan sebagai alat untuk menentukan siapa yang akan berbicara. Pada penerapannya, guru hendaknya menggunakan lagu yang disukai anak dan memancing anak agar mau bercerita ketika di depan kelas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMetode Talking Sticken_US
dc.subjectKepercayaan Diri Anaken_US
dc.subjectTK Tadika Puri Jemberen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Metode Talking Stick terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tadika Puri Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPG PAUDen_US
dc.identifier.pembimbing1Senny Weyara Dienda Saputri, S.Psi., M.A.en_US
dc.identifier.pembimbing2Indah Rohmatuz Zahro, S.Pd.I., M.Pd.I.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Agustus_2024en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Pengaruh Penerapan Metode Talking Stick terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun di TK Tadika Puri Jember.pdf
  Until 2028-07-26
Dinda Ayu Afriza1.78 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools