Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124457
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFIRDAYATI, Ayu-
dc.date.accessioned2024-10-22T07:43:47Z-
dc.date.available2024-10-22T07:43:47Z-
dc.date.issued2024-07-18-
dc.identifier.nim200210205011en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124457-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 22 Oktober 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractHambatan perkembangan berbicara merupakan keadaan dimana seseorang mengalami kesulitan atau ketidakmampuan dalam mengungkapkan kata dengan tepat dan fasih. Hasil Observasi awal yang dilaukan di kelompok B TK ABA II Kabupaten Jember terdapat anak yang mengalami permasalahan hambatan perkembangan berbicara yaitu anak perempuan yang berinisial “A” dan satu anak laki-laki dengan inisial “M” mengalami kesulitan dalam berbicaranya. Hal ini ditunjukan ketika “M” berbicara dalam penekanan dan sangat lambat dibandingkan dengan anak yang lain. Sedangkan “A” memiliki karakter yang cenderung pendiam apabila “A” ingin bertanya atau mengutarakan pikirannya "A" mengatakan dengan sangat pelan nyaris tidak terdengar dan kesulitan dalam mengucapkan beberapa huruf tertentu. Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Permasalahan Anak dengan Hambatan Perkembangan Berbicara di Kelompok B TK ABA II Kabupaten Jember?” berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengeksplorasi permasalahan anak dengan hambatan perkembangan berbicara di kelompok B TK ABA II Kabupaten Jember. Penelitian ini dilaksanan di TK ABA II Kabupaten Jember dan rumah anak yang bersangkutan selama 12 hari dengan rincian 8 hari di sekolah, 3 hari dirumah “M” dan 2 hari dirumah “A”. Subyek penelitian ini yaitu dua anak yang berinisial “A” dan “M”. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh melalui beberapa informan yaitu guru pendamping, orang tua dan anak yang bersangkutan. Metode yang digunakan dalam peelitian ini adalam metode observasi (catatan lapangan), wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui empat tahap diantaranya proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai eksplorasi permasalahan anak dengan hambatan perkembangan berbicara di kelompok B TK ABA II Kabupaten Jember dapat disimpulkan bahwa anak yang berinisial “A” dan “M” mengalami beberapa hambatan dalam perkembangan berbicaranya. Sesuai hasil penelitian yang dilakukan, peneliti menemukan beberapa hambatan perkembangan berbicara diantaranya Kelainan suara, Gangguan kelancaran bicara, Disfasia, Sindrom asperger, Gangguan Multisystem Development, Gangguan Disintegrative pada Anak (Childhood Disintegrative Disorder/CDD). Hambatan yang dialami oleh M yaitu kelainan suara, Gangguan kelancaran bicara, Disfasia, Sindrom Asperger, Gangguan Multisystem Development, Gangguan Disintegrative Pada Anak (Childhood Disintegrative Disorder/CDD) Sedangkan Hambatan yang dialami oleh A yaitu Kelainan Artikulasi, Sindrom Asperger, dan Gangguan Multisystem Development. Permasalahan tersebut terjadi adanya beberapa faktor yaitu faktor lingkungan, kesehatan, kondisi fisik dan motorik, metode pelatihan anak dan gadget. Hal ini didukung dengan adanya bukti raport, surat dokter serta hasil wawancara yang dilakukan kepada 1 guru kelompok B, 1 guru kelompok A, orang tua/wali M, dan orang tua A terkait permasalahan anak dengan hambatan perkembangan berbicara. Saran yang dapat diberikan kepada guru serta orang tua, yaitu hendanya guru memberikan stimulasi yang lebih kepada anak yang memiliki hambatan dalam perkembangan berbicara seperti mengembangkan pembelajaran yang mencakup seluruh aspek perkembangan anak, salah satunya yaitu perkembangan bahasa agar kemampuan anak dalam berbicara semakin meningkat dan Perlunya peran aktif orang tua dalam melatih perkembangan kemampuan berbicara anak, sehingga perkembangan berbicara anak dapat berkembang secara optimal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectHambatan Perkembangan Berbicaraen_US
dc.subjectKabupaten Jemberen_US
dc.subjectTaman Anak-Anaken_US
dc.titleEksplorasi Permasalahan Anak dengan Hambatan Perkembangan Berbicara di TK ABA II Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Reski Yulina Widiastuti, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Yuniarta Syrifatul Umami, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorrepo_ratna_Oktober 2024en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
repository skrpsi ayu firda.pdf
  Until 2028-07-18
2.72 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools