Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124451
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | MULYO, Reta Nirmala | - |
dc.date.accessioned | 2024-10-22T05:05:19Z | - |
dc.date.available | 2024-10-22T05:05:19Z | - |
dc.date.issued | 2024-07-04 | - |
dc.identifier.nim | 170210302026 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124451 | - |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 22 Oktober 2024_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Historical Thinking atau berfikir sejarah menjadi salah satu faktor penting dalam proses pembelajaran sejarah. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa berfikir sejarah turut sert dalam mengembangkan kemampuan kognitif peserta didik, seperti kemampuan dalam mengurutkan suatu peristiwa atau periodisasi, peserta didik mampu berfikir sesuai konteks yang sedang dibahas tidak hanya dalam pembelajaran namun dapat diterapkan pada mata pelajaran lain, kemampuan memahami mengapa suatu persitiwa menyebab peristiwa lainnya atau yang biasa disebut kausalitas baik dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memilah sumber atau dokumen sejarah yang hal ini juga dapat membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menyatakan bahwa berfikir sejarah memiliki peranan penting tidak hanya dalam pembelajaran sejarah itu saja namun juga pada pembelajaran lain dan dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana tingkat berfikir sejarah siswa kelas XI pada mata pelajaran sejarah indonesia? Sample dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 3 dan XI IPA 5 MAN 2 JEMBER dengan jumlah peserta didik 59 peserta didik dan satu kelas sebanyak 29 peserta didik untuk diujikan validitas dan reliabilitsny. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode statistik deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan wawancara menggunakan alat analisis data SPSS. Kesimpulan penelitian diperoleh bahwa tingkat berfikir sejarah siswa pada semua indikator dikatakan tinggi dengan mean tertinggi yaitu 3,487. | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Rully Putri Nirmala Puji, S.Pd., M.Ed DPA: Jefri Rieski Triyanto, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Historical Thinking | en_US |
dc.title | Identifikasi Tingkat Berfikir Sejarah Siswa Kelas XI di MAN 2 Jember pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Sejarah | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Rully Putri Nirmala Puji, S.Pd., M.Ed | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Jefri Rieski Triyanto, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_ratna_Oktober 2024 | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Identifikasi Tingkat Berfikir Sejarah Siswa Kelas XI di MAN 2 Jember Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia - Reta Nirmala Mulyo.pdf Until 2028-07-04 | Reta Nirmala Mulyo | 2.2 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools