Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124451
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorMULYO, Reta Nirmala-
dc.date.accessioned2024-10-22T05:05:19Z-
dc.date.available2024-10-22T05:05:19Z-
dc.date.issued2024-07-04-
dc.identifier.nim170210302026en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124451-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 22 Oktober 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractHistorical Thinking atau berfikir sejarah menjadi salah satu faktor penting dalam proses pembelajaran sejarah. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa berfikir sejarah turut sert dalam mengembangkan kemampuan kognitif peserta didik, seperti kemampuan dalam mengurutkan suatu peristiwa atau periodisasi, peserta didik mampu berfikir sesuai konteks yang sedang dibahas tidak hanya dalam pembelajaran namun dapat diterapkan pada mata pelajaran lain, kemampuan memahami mengapa suatu persitiwa menyebab peristiwa lainnya atau yang biasa disebut kausalitas baik dalam pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memilah sumber atau dokumen sejarah yang hal ini juga dapat membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menyatakan bahwa berfikir sejarah memiliki peranan penting tidak hanya dalam pembelajaran sejarah itu saja namun juga pada pembelajaran lain dan dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana tingkat berfikir sejarah siswa kelas XI pada mata pelajaran sejarah indonesia? Sample dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 3 dan XI IPA 5 MAN 2 JEMBER dengan jumlah peserta didik 59 peserta didik dan satu kelas sebanyak 29 peserta didik untuk diujikan validitas dan reliabilitsny. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode statistik deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes dan wawancara menggunakan alat analisis data SPSS. Kesimpulan penelitian diperoleh bahwa tingkat berfikir sejarah siswa pada semua indikator dikatakan tinggi dengan mean tertinggi yaitu 3,487.en_US
dc.description.sponsorshipDPU: Rully Putri Nirmala Puji, S.Pd., M.Ed DPA: Jefri Rieski Triyanto, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectHistorical Thinkingen_US
dc.titleIdentifikasi Tingkat Berfikir Sejarah Siswa Kelas XI di MAN 2 Jember pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesiaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Sejarahen_US
dc.identifier.pembimbing1Rully Putri Nirmala Puji, S.Pd., M.Eden_US
dc.identifier.pembimbing2Jefri Rieski Triyanto, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_Oktober 2024en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Identifikasi Tingkat Berfikir Sejarah Siswa Kelas XI di MAN 2 Jember Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia - Reta Nirmala Mulyo.pdf
  Until 2028-07-04
Reta Nirmala Mulyo2.2 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools