Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124437
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | AISYAH, Isna Nur | - |
dc.date.accessioned | 2024-10-21T05:14:56Z | - |
dc.date.available | 2024-10-21T05:14:56Z | - |
dc.date.issued | 2023-06-22 | - |
dc.date.submitted | ||
dc.identifier.nim | 190220104024 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124437 | - |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 21 Oktober 2024_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Di zaman modern ini pendidikan memegang peranan penting dalam menciptakan generasi-generasi bangsa yang mampu mengimbangi laju perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidikan di abad 21 merupakan pembelajaran yang berbasis student centered, peserta didik diberi kebebasan dalam mencari sumber belajar. Peserta didik tidak hanya diarahkan untuk memiliki pengetahuan saja, tetapi harus memiliki sikap ilmiah dan keterampilan abad 21, salah satunya ialah kemampuan literasi sains. Kebutuhan akan model pembelajaran merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran MORISE yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan literasi sains dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang terdiri atas empat tahap define, design, develop, dan disseminate. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 di SMPS Al Baitul Amien Jember untuk uji coba kelas kecil serta uji coba kelas besar dan 4 sekolah diseminasi yaitu SMPN 4 Jember, SMPN 10 Jember dan SMPS Darus Sholah Jember. Teknik pengumpulan data melalui angket, observasi serta tes berupa soal pre-test dan post-test. Analisis penelitian meliputi analisis validitas model, kepraktisan model dan efektivitas model. Hasil penelitian dan pembahasan mengenai model pembelajaran MORISE meliputi hasil validasi, hasil kepraktisan dan hasil keefektifan. Hasil validasi buku panduan model pembelajaran MORISE sebesar 93,96% termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil validasi silabus sebesar 98,61% termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil validasi RPP sebesar 89,66% termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil validasi soal pre-test dan post-test sebesar 91,67% termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil validasi kemampuan literasi sains sebesar 94,44% termasuk dalam kategori sangat valid. Didapatkan rerata hasil validasi produk keseluruhan oleh ahli dan pengguna sebesar 93,67% dengan kategori sangat valid, sehingga model pembelajaran MORISE layak digunakan sebagai alternatif model pembelajaran IPA di kelas. Hasil uji kepraktisan model pembelajaran MORISE pada uji kelompok kecil untuk keterlaksanaan pembelajaran sebesar 98% dan pada uji kelompok besar sebesar 95% termasuk dalam kategori sangat praktis. Hasil angket respon guru pada uji kelompok kecil sebesar 92,71% dan pada uji kelompok besar sebesar 92,27% termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil angket respon peserta didik pada uji kelompok kecil sebesar 93,39% dan pada uji kelompok besar sebesar 93,39% termasuk dalam kategori sangat baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran MORISE sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji keefektifan model pembelajaran MORISE melalui penilaian kemampuan literasi sains dan hasil belajar peserta didik. Hasil penilaian kemampuan literasi sains uji kelompok kecil rata-rata sebesar 69 pada pertemuan pertama dan 74 dengan kategori sangat baik pada pertemuan ketiga. Hasil penilaian kemampuan literasi sains pada uji kelompok besar rata-rata sebesar 78,71 pada pertemuan pertama dan sebesar 82,03 dengan kategori sangat baik pada pertemuan ketiga. Hasil belajar peserta didik ditunjukkan oleh hasil N-Gain pada uji kelompok kecil sebesar 0,5 dan pada uji kelompok besar sebesar 0,52 dengan kategori sedang. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran MORISE efektif digunakan dalam pembelajaran. | en_US |
dc.description.sponsorship | DPU: Prof. Joko Waluyo, M.Si., MCE, CIQnR DPA: Dr. Dwi Wahyuni, M.Kes | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Development | en_US |
dc.subject | Learning Model | en_US |
dc.subject | Scientific Literacy | en_US |
dc.subject | Learning Outcomes | en_US |
dc.title | Pengembangan Model Pembelajaran Motivation, Orientation, Reading, Investigation, Sharing dan Evaluation (MORISE) Untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA SMP | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
dc.identifier.prodi | Magister Pendidikan IPA | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Joko Waluyo, M.Si., MCE, CIQnR | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Dwi Wahyuni, M.Kes. | en_US |
dc.identifier.validator | repo_Ratna_Agustus_2024 | en_US |
Appears in Collections: | MT-Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
TESIS BAB 0-5.pdf Until 2028-09-28 | Isna Nur Aisiyah | 1.56 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.