Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124402
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | FIRDAUS, Nurul Lina | - |
dc.date.accessioned | 2024-10-11T07:00:34Z | - |
dc.date.available | 2024-10-11T07:00:34Z | - |
dc.date.issued | 2024-07-04 | - |
dc.identifier.nim | 200910201038 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124402 | - |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 11 Oktober 2024_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Implementasi Program AKSARA Kejar Paket C PKBM Bina Cendekiawan Genteng, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi adalah salah satu program yang bisa di akses oleh masyarakat yang ingin melanjutkan sekolah kesetaraan SMA. Berdasarkan keputusan Bupati Banyuwangi nomor: 188/567/KEP/429.011/2021 tentang program Akselerasi Sekolah Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran pendidikan kesetaraan paket C. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah ketua PKBM dan warga belajar Paket C pada PKBM Bina Cendekiawan. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik triangulasi data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ada yang menentukan materi pembelajaran, metode tutor dan media pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan selama pembelajaran antara lain berdiskusi dengan tutor dan menjawab pertanyaan dalam modul. PKBM Bina Cendekiawan juga menerapkan pembelajaran keterampilan kepada siswa untuk menghasilkan beberapa produk yang dijual, seperti coklat chip. Namun ditemukan juga beberapa kendala yaitu warga tidak belajar tepat waktu dan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan masih rendah sehingga perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat. Melalui inovasi Akselerasi Sekolah Masyarakat (AKSARA), diharapkan rata-rata pendidikan di Kabupaten Banyuwangi dapat bergerak dan menjadi alternatif dalam meningkatkan pelayanan pendidikan kepada masyarakat Banyuwangi. Undang-undang No. 20 Tahun 2002 tentang Pendidikan Nasional menjelaskan bahwa hasil pendidikan nonformal setara dengan pendidikan formal setelah melalui proses penilaian oleh lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah atau daerah dengan mengacu pada standar nasional. Kata kunci: Aksara, Program Kesetaraan, Implementasi Paket C | en_US |
dc.description.sponsorship | 1. DPU: Dr. Sutomo, M.Si 2. DPA: Dr. Suji, S.Sos., M.Si | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik | en_US |
dc.subject | Aksara | en_US |
dc.subject | Program Kesetaraan | en_US |
dc.subject | Implementasi Paket C | en_US |
dc.title | Implementasi Program Aksara Kejar Paket C PKBM Bina Cendekiawan Genteng Kecamatan Genteng Kabupaten Banyuwangi | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Ilmu Administrasi Negara | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Sutomo, M.Si | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Suji, S.Sos., M.Si | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Social and Political Sciences |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Nurul Lina Firdaus-200910201038.pdf Until 2028-07-25 | 1.34 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools