Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/12438
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNiken Puspita Sari-
dc.date.accessioned2013-12-24T06:12:12Z-
dc.date.available2013-12-24T06:12:12Z-
dc.date.issued2013-12-24-
dc.identifier.nimNIM070210102082-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12438-
dc.description.abstractPenelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas X.4 SMA Negeri Grujugan tahun ajaran 2010/2011 yang dimulai tanggal 17 Mei 2011 sampai dengan 3 Juni 2011. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil belajar pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi dan siswa. Data hasil observasi memperlihatkan bahwa prosentase aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu masingmasing 72.71% dan 82.37%. Berdasarkan analisis hasil belajar pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 82.61%, siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 19 siswa dan yang tidak tuntas secara individu sebanyak 4 siswa. Sedangkan analisis hasil belajar pada siklus II diperoleh ketuntasan hasil belajar sebesar 91.30%, siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 21 siswa dan yang tidak tuntas secara individu sebanyak 2 siswa. Berdasarkan pada hasil dan analisis data yang ditunjukkan pada siklus I dan siklus II, dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas X.4 SMA Negeri Grujugan tahun ajaran 2010/2011.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210102082;-
dc.subjectSTAD, Metode Eksperimen, Fisikaen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS X.4 SMA NEGERI GRUJUGAN TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Niken Puspita Sari_1.pdf199.25 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools