Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124386
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSARI, Maulifa Yunita-
dc.date.accessioned2024-10-10T02:10:01Z-
dc.date.available2024-10-10T02:10:01Z-
dc.date.issued2024-07-10-
dc.identifier.nim170210101080en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124386-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 10 Oktober 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractGeometri mempunyai peluang yang cukup besar untuk dipahami siswa dibandingkan dengan cabang matematika lainnya (Afifuddin, 2018). Namun, faktanya di lapangan menunjukkan bahwa siswa masih kurang menguasai materi geometri, khususnya materi bangun ruang sisi lengkung. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah proses berpikir siswa. Diketahui bahwa setiap siswa memiliki proses berpikir dan cara penyelesaian yang berbeda dalam menyelesaikan suatu masalah geometri. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya tingkat berpikir siswa dalam geometri. Teori yang dapat mengklasifikasikan tingkat berpikir siswa dalam geometri adalah teori van Hiele. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan analisis mengenai profil berpikir siswa SMP dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi lengkung berdasarkan level van Hiele. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil berpikir siswa SMP dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi lengkung berdasarkan level van Hiele. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Jember. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu satu siswa untuk masingmasing level berpikir van Hiele (visualisasi, analisis, dan deduksi informal). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain tes VHGT (Van Hiele Geometry Test), tes penyelesaian masalah, pedoman wawancara serta lembar validasi. Hasil tes VHGT (Van Hiele Geometry Test) pada penelitian ini, diperoleh bahwa siswa mencapai level pravisualisasi, visualisasi, analisis, dan deduksi informal dengan persentase berturut-turut adalah 10%, 37%, 47%, dan 6%. Setelah itu, diberikan tes penyelesaian masalah untuk mengetahui profil berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi lengkung berdasarkan level van Hiele.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMenyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Lengkungen_US
dc.subjectLevel van Hieleen_US
dc.titleProfil Berpikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Lengkung Berdasarkan Level Van Hieleen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Erfan Yudianto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Lela Nur Safrida, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_oktober_2024en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Doc Repository.pdf
  Until 2028-07-23
Maulifa Yunita Sari1.13 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools