Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124378
Title: Pengembangan LKPD Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk Mengefektifkan Pembelajaran Materi Gaya pada Siswa Kelas IV di SDN Wonorejo 01 Lumajang
Authors: WULANDARI, Ayu Trisna
Keywords: Pengajaran Materi Gaya
LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik)
STEM (Science, Technology, Enginerring, and Mathematics).
Kabupaten Lumajang
Issue Date: 31-May-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Kemampuan menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) saat ini menjadi kunci penting dalam menghadapi tantangan di masa depan. Peran pendidikan IPA sangat penting dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, diperlukan inovasi-inovasi yang kreatif dan menarik bagi siswa, salah satunya dengan mengembangkan bahan ajar atau lembar kerja peserta didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, keefektifan LKPD berbasis STEM (Science, Technology, Enginerring, and Mathematics). Melalui wawancara yang dilakukan dengan guru kelas IV SDN Wonorejo 01 Lumajang, menunjukkan bahwa guru belum pernah membuat atau mengembangkan bahan ajar LKPD berbasis STEM. Guru hanya terfokus pada LKPD konvensional yang dibuat olah Dinas Pendidikan. Selanjutnya pada kegiatan observasi, diketahui dalam proses pembelajaran tidak semua siswa aktif dan antusias, tidak bersemangat, dan mudah bosan. Selain itu, pada kegiatan dokumentasi ditemukan bahwa banyak siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) dikarenakan kurang adanya penerapan materi dan pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan inovasi atau pembaharuan untuk membantu siswa dalam memahami materi, meningkatkan semangat belajar, antusias, dan meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Salah satunya adalah dengan mengembangkan LKPD berbasis STEM khususnya pada materi gaya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) model Plomp. Penelitian ini terdiri dari 3 tahap. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Wonorejo 01 Lumajang pada kelas IV-A dan IV-B sebanyak 44 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data validasi produk, uji independet sampel t-test, analisis data keefektifan relatif produk (ER), dan analisis data respon peserta didik. Hasil validasi produk LKPD yang dikembangkan mendapatkan skor 91,7 dengan kategori sangat layak. Hasil analisis pada hasil belajar siswa kelas eksperimen pada ranah kognitif memperoleh rata-rata nilai pre-test dan post-test 23%, sedangkan pada kelas kontrol pada ranah kognitif memperoleh rata-rata nilai pre-test dan post-test 11%. Berdasarkan nilai rata-rata tersebut hasil belajar kedua kelas menunjukkan keefektifan relatif (ER) mencapai 68,3% dengan kategori keefektifan tinggi. Selain itu, hasil uji kepraktisan LKPD berbasis STEM menggunakan angket respon siswa menunjukkan persentase skor 95,45% dengan kategori sangat efektif.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 9 Oktober 2024_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124378
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
skripsi_Ayu Trisna Wulandari_190210204100.pdf
  Until 2029-08-28
2.19 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools