Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124300
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorSAFITRI, Ulvi-
dc.date.accessioned2024-08-28T02:50:27Z-
dc.date.available2024-08-28T02:50:27Z-
dc.date.issued2023-03-21-
dc.identifier.nim180210101031en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124300-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik_Lia Tgl 28 Agustus 2024en_US
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Zepeto untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada materi fungsi kuadrat. Hal ini dilakukan atas dasar permasalahan dalam kegiatan pembelajaran, yaitu dibutuhkannya media dalam proses pembelajaran dan hasil belajar matematika siswa dan antusias siswa dalam belajar yang tergolong rendah. Salah satu faktor yang memengaruhi hal tersebut diperkirakan oleh pihak sekolah karena pembelajaran yang dilakukan di sekolah tersebut masih menggunakan buku dan modul tanpa menggunakan media pembelajaran yang menarik. Media yang akan dikembangkan pada penelitian ini adalah video pembelajaran dengan karakter 3D yang dibuat dengan aplikasi Zepeto. Pengembangan video pembelajaran pada penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Video pembelajaran yang dikembangkan memaparkan beberapa pokok bahasan tentang materi fungsi kuadrat yaitu, pengertian dan contoh fungsi kuadrat, pengaruh nilai 𝑎, 𝑏, 𝑐 dan 𝐷 terhadap grafik fungsi kuadrat, langkah-langkah menggambar grafik dan nilai optimum. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari lembar validasi, lembar angket respon pengguna, wawancara, 4 soal pre-test dan 4 soal post-test yang masing-masing soalnya memuat indikator kemampuan kognitif, yaitu mengingat, memahami, mengaplikasikan, dan menganalisis dengan subjek penelitian 28 siswa kelas IX SMP Negeri 7 Jember. Pada soal dengan indikator mengingat, siswa diminta untuk mendefinisikan pengertian dari fungsi kuadrat dan mengklasifikasikannya, lalu diperoleh rata-rata pre-test 53 dan post-test 96. Pada soal dengan Indikator memahami, siswa diminta untuk menjelaskan pengaruh dari nilai 𝑎, 𝑏, 𝑐, dan 𝐷 terhadap grafik fungsi kuadrat, diperoleh rata-rata pre-test 16 dan post-test 87. Pada indikator mengaplikasikan, siswa diminta untuk menggambar grafik fungsi kuadrat sesuai langkah-langkahnya dengan runtut, diperoleh rata-rata pre-test 42 dan post-test 90. Siswa diminta untuk menyelesaikan permasalahan terkait nilai optimum dengan mengkorelasikan rumus-rumus yang ada pada soal dengan indikator menganalisis dan diperoleh diperoleh rata-rata pre-test 21 dan post-test 83. Perbandingan hasil pre-test dan post-test dari tiap indikator menunjukkan adanya peningkatan, sehingga video pembelajaran animasi 3D dinyatakan dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Video pembelajaran akan diuji kelayakan yang terdiri dari uji kevalidan, uji kepraktisan dan uji keefektifan. Berdasarkan hasil validasi, diperoleh rata-rata yaitu 3.69 dari 4, data ini berasal dari rata-rata semua indikator pada masing-masing validator yaitu 3.75 dari validator 1, 3.58 dari validator 2, dan 3.75 dari validator 3 dengan skala penilaian 1-4 berdasarkan kriteria penilaian meliputi: 1 ≤ 𝑉𝑎 ≤ 2 dengan kategori kevalidan tidak valid, 2 ≤ 𝑉𝑎 ≤ 3 cukup valid, 3 ≤ 𝑉𝑎 < 4 valid dan 𝑉𝑎 = 4 sangat valid. Uji Kepraktisan ditentukan berdasarkan hasil angket respon pengguna yang akan diisi oleh 28 siswa. Rata-rata skor total angket respon pengguna media didapatkan dari jumlah total rata-rata setiap indikator dibagi dengan banyaknya indikator sehingga diperoleh rata-rata skor total adalah 96% dengan kategori sangat praktis dan menunjukkan bahwa media yang sudah dikembangkan mudah untuk digunakan, menarik, menyenangkan sehingga materi mudah untuk dipahami. Uji keefektifan pada penelitian ini dilakukan dengan melihat skor N-Gain dari tiap indikator. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata NGain sebesar 91% pada indikator C1, 85% pada indikator C1, Indikator C3 diperoleh skor 83%, dan 78% pada indikator C4 yang termasuk dalam kategori efektif.en_US
dc.description.sponsorshipArif Fatahillah, S.Pd., M.Si. Susi Setiawani, S.Si., M.Sc.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARANen_US
dc.subjectAPLIKASI ZEPETOen_US
dc.subjectFUNGSI KUADRATen_US
dc.subjectKEMAMPUAN KOGNITIF SISWAen_US
dc.titlePengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Zepeto pada Fungsi Kuadrat untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswaen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Arif Fatahillah, S,Pd., M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Susi Setiawani, S.Si., M.Sc.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Skripsi Ulvi Safitri Repo.pdf
  Until 2028-03-21
5.93 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools