Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124284
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | NAUFALIANSYAH, Fauzan | - |
dc.date.accessioned | 2024-08-28T02:18:40Z | - |
dc.date.available | 2024-08-28T02:18:40Z | - |
dc.date.issued | 2023-01-19 | - |
dc.identifier.nim | 162410101115 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/124284 | - |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik_Lina Tgl 28 Agustus 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki keragaman suku bangsa, agama dan bahasa. Setiap suku bangsa memiliki adat budaya masing-masing, meliputi: tradisi, cerita rakyat, bahasa, tulisan, dan lain sebagainya. Seperti halnya suku Sunda, tidak hanya memiliki bahasa secara lisan yaitu bahasa Sunda, ada juga tulisan yaitu lebih dikenal dengan Aksara Sunda. Seiringnya perkembangan jaman saat ini minat untuk mempelajari bahasa daerah sangat kurang. Pentingnya sebagai generasi penerus untuk melestarikan bahasa daerah agar tidak punah. Pada saat ini untuk mendapatkan pengetahuan dapat dilakukan dimana saja, salah satu pemanfaatan teknologi sebagai media pembelajaran yaitu game edukasi. Perancangan game edukasi pembelajaran bahasa dan Aksara Sunda bertujuan untuk meningkatkan minat belajar bahasa Sunda dan Aksara Sunda menggunakan metode Child Centered Design (CCD). CCD dipilih karena penelitian ini berfokus pada anak-anak sebagai pengguna dari game edukasi yang akan dirancang. Metode CCD Terdiri dari beberapa tahapan, tahap pertama yakni menentukan konteks pengguna dan kebutuhan perancangan sistem yang didapatkan dengan melakukan wawancara dan observasi kepada pengguna yaitu anak berusia 6-8 tahun di SDN 2 Sukatani Garut, wawancara juga dilakukan kepada orang tua murid, dan guru sekolah, selanjutnya melakukan dilakukan pembuatan desain solusi konsep desain game edukasi, berawal dari (lo-fidelity) sampai menjadi mockup UI (hi-fidelity). kemudian prototype desain game edukasi dilakukan evaluasi menggunakan metode System Usability Scale. Hasil evaluasi yang dilakukan kepada 30 responden, memperoleh nilai yang baik yaitu 82 dengan melihat aspek penilaian dari ini table SUS Skorpecentilrank penilaian rancangan desain ini mendapatkan Grade A. | en_US |
dc.description.sponsorship | Fahrobby Adnan S.Kom., M.MSI Januar Adi Putra S.Kom.,M.Kom | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Komputer | en_US |
dc.subject | UI/UX | en_US |
dc.subject | PERANCANGAN | en_US |
dc.subject | CHILD CENTERED DESIGN | en_US |
dc.subject | MOBILE | en_US |
dc.subject | PERMAINAN EDUKASI | en_US |
dc.title | Perancangan UI/UX Permainan Edukasi Pembelajaran Bahasa dan Aksara Sunda Berbasis Mobile Menggunakan Metode Child Centered Design | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Sistem Informasi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Fahrobby Adnan S.Kom., M.MSI | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Januar Adi Putra S.Kom.,M.Kom | en_US |
dc.identifier.validator | Taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Computer Science |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
162410101115.pdf Until 2029-08-28 | 7.5 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools